Minta Hentikan Kriminalisasi Firli Bahuri, Aliansi Mahasiswa Demo Mabes Polri

Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Penegak Hukum (Amarah) menggelar aksi di depan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/12)/Ist
Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Penegak Hukum (Amarah) menggelar aksi di depan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/12)/Ist

Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Penegak Hukum (Amarah) menggelar aksi demo di depan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/12). Mereka meminta kepolisian untuk menghentikan upaya kriminalisasi terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.


Koordinator aksi, Anang mengatakan, aksi tersebut digelar atas keprihatinan adanya upaya kriminalisasi terhadap Firli Bahuri.

Menurut Anang, upaya kriminalisasi itu juga disadari Firli, yang pernah menyampaikan jika menjadi Ketua KPK harus siap menghadapi segala resiko.

"Artinya besar peluang bahwa Firli Bahuri telah dikriminalisasi oleh kelompok kepentingan atau kelompok koruptor yang sakit hati," kata Anang dalam orasinya.

Dugaan Anang, tidak menutup kemungkinan institusi Polri yang pernah membesarkan Firli Bahuri dimanfaatkan oknum-oknum yang berkolaborasi dengan koruptor untuk melakukan kriminalisasi itu.

Untuk itu, Anang meminta agar Polri harus diselamatkan sehingga tidak dimanfaatkan sebagai alat kepentingan.

"Usut oknum-oknum Polri yang terlibat dalam kriminalisasi Firli Bahuri. Jangan jadikan Polri sebagai alat politik," tandasnya.

Saat para mahasiswa menggelar demo, Firli Bahuri tengah menjalani pemeriksaan Bareskrim Polri dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.