Pakai 7 Trik Ini Biar Foto Travelling Anda Makin Ciamik

Foto ilustrasi/Net
Foto ilustrasi/Net

Anda sering kecewa dengan hasil foto yang diambil saat travelling? Sudah persiapkan semua hal mulai dari kamera canggih, outfit keren hingga pemilihan spot yang bagus tetapi kenapa hasil fotonya tampak biasa saja, ya? Nah, bisa jadi Anda belum tahu trik-trik foto berikut ini. 


So, selain mempersiapkan tiket pesawat Yogyakarta-Jakarta bagi Anda yang liburan ke sana, siapkan pula ilmu seputar fotografi travelling yang akan membuat bidikan Anda tampak ciamik. 

Tips Foto Travelling Biar Hasilnya Semakin Ciamik

1. Eksplorasi Angel yang Paling Unik

Biar hasil foto kamu tidak membosankan, cobalah bereksplorasi dan temukan angel yang unik. Anda bisa mencoba sedikit bergaya dengan angel yang berbeda untuk menemukan sudut yang paling bagus. Biasanya, orang dengan ukuran tubuh yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda pula pada setiap spot foto. Nah, Anda lah yang harus mencari kombinasi yang sesuai. 

2. Pastikan Ponsel Tidak Goyang

Ponsel yang bergoyang saat mengambil foto bisa menyebabkan hasilnya tidak jelas alias blur. Nah, supaya getarannya tidak terlalu berlebihan, Anda bisa menggunakan tripod. Bisa juga menyandarkan ponsel pada dinding, meja atau apapun yang bisa membuat ponsel tidak terlalu goyang. Namun, bila langkah ini tetap bikin hasil foto tampak blur, Anda bisa coba mengubah ISO di pengaturan. 

3. Fokus Pada Perspektif

Daripada memfokuskan foto pada objek, sebaiknya buat kamera kamu fokus pada perspektif. Misalkan saja, saat Anda memfoto sebuah gunung, pastikan buat foto tersebut bisa menyampaikan pesan kepada orang yang melihat. Anda bisa saja memfoto gunung tersebut dari kejauhan supaya tampak besar, menunjukkan betapa agung kuasa Tuhan. 

4. Pilih Pencahayaan yang Bagus

Sebenarnya, Anda tidak harus punya kamera canggih agar hasil foto tampak berkelas. Selama pencahayaan yang diterima kamera mencukupi, hasil foto Anda pun akan tampak menarik. 

Oleh karena itu, cobalah mencari spot yang disinari sinar matahari. Ini supaya hasil foto Anda tampak terang. Selain itu, Anda juga bisa membidik momen saat sunset atau sunrise, sebab pada momen ini cahaya tampak hangat. Hasil foto Anda pun akan terlihat profesional. 

5. Temukan Keunikan 

Biar hasil foto Anda tampak keren, tidak ada salahnya mengambil foto dari sudut atau gaya yang unik. Misalkan saja, ketika Anda ingin mengambil foto seekor rusa yang sedang makan, maka cobalah memfoto bagian mulut rusa tersebut ketika sedang terbuka lebar. Ini akan membuat foto tampak berbeda dari yang biasanya. 

6. Tersenyumlah 

Jika Anda memfoto diri Anda sendiri bersama kawan-kawan ketika Travelling, usahakan untuk tersenyum. Sepahit apapun hal yang Anda lalui hari ini, cobalah untuk melengkungkan senyum untuk membuat suasana foto tampak ceria. Foto yang tampak datar tanpa senyuman sangat mempengaruhi suasana foto, membuatnya terlihat monoton. 

7. Gunakan Equipment

Jenis foto seperti apa yang akan Anda bidik? Nah, jika Anda telah menemukan gaya foto seperti apa yang diinginkan, silahkan persiapkan equipmentnya. Misalkan saja Anda ingin memfoto hewan-hewan kecil di hutan atau taman, Anda perlu kamera dengan macro lens. Bila ponsel Anda tidak memiliki lensa makro, Anda bisa menambahkannya sendiri. 

Demikian pula ketika Anda ingin memfoto suasana bawah laut, pastikan membawa pelindung kamera anti air agar Anda bisa mengambil gambar lebih lama di dalam lautan. Meskipun kamera Anda sudah water-resistant, tetapi kebanyakan tidak bisa bertahan lebih dari 15-30 menit tanpa pelindung. 

Inilah beberapa trik foto yang dapat Anda pakai untuk memperbaiki hasil foto Travelling Anda. Tertarik  mencobanya?