Forkopimda Banyuwangi Ikut Patroli Udara dengan Helikopter Basarnas

Helikopter Basarnas/ SAR
Helikopter Basarnas/ SAR

Tim siaga SAR khusus Kantor SAR Surabaya kembali melakukan patroli udara dalam masa siaga SAR khusus Nataru. Patroli udara pada H-2 Hari Raya Natal 2023 ini, Sabtu (23/12), diikuti oleh Bupati Banyuwangi dan Komandan LANAL Banyuwangi


Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, keikutsertaan dua pejabat anggota Forkompimda Banyuwangi ini adalah untuk ikut memantau kondisi terkini angkutan mudik Nataru, khususnya yang melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang.

 “Dari hasil pantauan visual udara, tampak kondisi terkini arus lalu-lintas, ada kepadatan kendaraan yang mengantri menyeberang ke pulau Bali. Antrian panjang ini tampak didominasi oleh kendaraan roda empat pribadi, bus, dan truk-truk besar,” ujar Hariyadi.

Bupati Banyuwangi, Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd., dan Komandan LANAL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Indra Nusha R, yang ikut serta dalam kegiatan patroli udara siaga SAR khusus Nataru kali ini mengapresiasi baik kehadiran BASARNAS dalam kegiatan siaga Nataru di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi mengucapkan terimakasih kepada BASARNAS yang telah memfasilitasi untuk memantau arus lalu-lintas dari atas menggunakan helikopter, dan bersiaga memberikan bantuan SAR jika terjadi kecelakaan dan bencana selama masa angkutan Nataru ini.

Di akhir rangkaian kegiatan ini, Hariyadi memberikan plakat untuk Bupati Banyuwangi dan Komandan LANAL Banyuwangi sebagai tanda terimakasih atas jalinan koordinasi dan silaturahminyang baik. 

Pada saat yang bersamaan, KN SAR 249 Permadi melaksanakan patroli laut siaga SAR khusus Nataru, dengan menempuh rute pelabuhan Aspalt – perairan selat Bali – pelabuhan Aspalt. Patroli laut KN SAR 249 Permadi ini menempuh jarak sekitar 15 mil laut, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit.