Sukses Kelola Lingkungan, Ceria Raih Penghargaan Proper Biru Kelima dari KLHK

CERIA raih  penghargaan di penghujung tahun 2023
CERIA raih penghargaan di penghujung tahun 2023

PT Ceria Nugraha Indotama (Ceria) kembali mendapat Penghargaan Proper Biru yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Penghargaan ini merupakan kali kelima yang diterima Ceria selama mengikuti ajang bergengsi ini. 

“Alhamdulillah, di penghujung tahun ini, Ceria kembali mendapatkan Proper Biru, dan kami bersyukur karena sejak tahun 2019 kami mendapatkan penghargaan ini”, ujar Direktur Operasional Ceria, Yusram Rantesalu, Rabu (27/12).

Ceria berhasil mengungguli ribuan peserta yang menurut KLHK tahun ini jumlahnya mencapai lebih dari 3600 perusahaan. 

Pada Ajang penghargaan di bidang lingkungan yang tahun ini mengangkat tema ‘Extraordinary Turnaround’, Ceria berhasil menunjukkan penataan dan pengelolaan lingkungan dengan baik sesuai tema. 

“Tahun ini Ceria berupaya melengkapi titik penataan dan memastikan semua yang terkait dengan pengelolaan lingkungan dikelola dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku” tambah Yusram.

Apabila merujuk pada tema yang diberikan, penilaian difokuskan pada lima lompatan, yakni menjaga kelangsungan bumi dan manusia melalui pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan yang sehat untuk manusia dan ekosistem serta mengubah system untuk meningkatkan efisiensi dan transisi menuju energi bersih. 

Dari seluruh poin tersebut, Ceria berupaya memenuhinya serta terus meningkatkan perbaikan kinerja di bidang lingkungan. 

“Kami di internal Ceria, terus berupaya memastikan bahwa kita comply dengan regulasi, meningkatan kompetensi sumber daya manusia, mengelola lingkungan lebih baik lagi agar dapat mendukung program Net Zero Emission (NZE) pemerintah” katanya. 

Sejumlah program yang digalakkan Ceria untuk mendukung pelestarian lingkungan dan mempercepat tercapainya NZE antara lain melalui daur ulang (recycle) pengelolaan sampah domestic untuk dijadikan kompos.

Selain itu pembuatan inseminator, menghijaukan lahan reklamasti tambang dengan melibatkan masyarakat terutama dalam pembuatan ‘lalampa’ untuk penghijauan lereng, menanam 100 hektar bambu dan beragam kegiatan lainnya. 

“Dari beragam program berkaitan dengan pelestarian lingkungan yang dilakukan Ceria, kami berharap dapat memberikan dampak tidak hanya bagi masyarakat di sekitar lokasi tambang kami, tetapi juga bagi Indonesia”, tutur Yusram.

Ceria berharap program lingkungan yang dilakukan tidak hanya memberikan dampak bagi alam tetapi juga berhasil membawa Ceria mendapatkan Proper Hijau dan bahkan Proper Emas di tahun-tahun mendatang. 

“Seluruh program bertema lingkungan dari Ceria bukan hanya wujud tanggung jawab kami kepada alam sekitar lokasi kegiatan operasional Ceria tetapi kami berharap ke depan program yang dilakukan dapat diapresiasi pemerintah dengan Proper Hijau atau bahkan Proper Emas”ujar Yusram sambil berkelakar.