Ganjar Tantang Anies Beri Nilai Pasti atas Kinerja Menhan Prabowo

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan/Repro
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan/Repro

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo memberikan skor 5,0 untuk kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.


Hal itu disampaikan Ganjar menjawab pertanyaan capres nomor urut 1 Anies Baswedan, dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu malam (7/1).  

“Lima (5) juga. Saya punya datanya dan kemudian akan saya sampaikan. Di meja saya sudah saya siapkan data satu persatu,” kata Ganjar.

Kendati begitu, kata Anies, skor yang diberikan Ganjar terhadap kinerja kementerian yang digawangi Prabowo masih terlalu tinggi. Sebab, fakta yang terjadi bahwa kinerjanya mengalami penurunan dari pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sisi kebijakan, menurut saya lebih parah. Kenapa? Di era Pak SBY, kenaikan gaji terjadi sembilan kali. Selama era ini hanya naik gaji tiga kali, dan akan naik nanti di tahun depan, karena menjelang Pemilu mungkin naik gajinya. Tetapi di sisi kesejahteraannya tidak dipikirkan dengan serius, Tukin (tunjangan kinerja) hanya 80 persen,” kata Anies.

Anies mencontohkan Tukin dari Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, dan kementerian lainnya yang berupaya mengupayakan peningkatan Tukin.

“Lalu kita lihat alutsista yang bekas yang itu risikonya adalah keselamatan TNI kita, mereka bekerja keras menjaga setiap jengkal tanah air, tetapi mereka tidak didukung dengan policy,” katanya.

Atas dasar itu, Anies menyebut bahwa skor 5,0 untuk kinerja Kemenhan masih terlalu tinggi.  

“Karena itu menurut saya, skornya justru di bawahnya Mas Ganjar, kalau lima itu ketinggian Pak Ganjar, terima kasih,” kata Anies.

Menanggapi hal itu, Ganjar pun meminta Anies untuk memberikan skor pasti tentang kinerja Kemenhan.

“Mas Anies gak usah takut. Disebut saja angkanya berapa, kayak saya gitu loh. Jangan di bawah lima. Sebut saja angkanya berapa?” tanya Ganjar.

“11, Mas. Dari 100,” timpal Anies.

“Ini sedikit ngajari, Mas Anies. Biar berani,” demikian Ganjar sambil tersenyum.