Khofifah Resmi Dukung Prabowo-Gibran, Pengamat: Bisa Bawa Dampak Elektoral Nasional

Baihaki Sirajt/Ist
Baihaki Sirajt/Ist

Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, resmi memberikan dukungan kepada paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.


Bahkan Khofifah mengaku siap menjadi juru kampanye nasional (Jurkamnas) Prabowo-Gibran. Dukungan tersebut disampaikan secara langsung oleh Khofifah usai pulang melaksanakan Ibadah Umroh di VVIP Juanda, Sidoarjo, Rabu (10/1/2024).

Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebut hal tersebut menjadi kekuatan bagi pasangan Prabowo-Gibran. Sebab, kata Baihaki, Khofifah bisa mendongkrak suara paslon nomor urut 2 tidak hanya di Jawa Timur, tapi secara nasional. 

"Tentu dukungan Bu Khofifah itu juga akan memperkuat suara Prabowo-Gibran bukan hanya di Jatim, tapi secara nasional," kata Baihaki kepada wartawan di Surabaya, Kamis (11/01/2024).

Di Jawa Timur, lanjut dia, Khofifah sebagai Gubernur, tentu ini sebuah kekuatan yang pasti bisa berpotensi semakin mempertebal kemenangan Prabowo-Gibran di Jatim. Apalagi, lanjut Baihaki, saat ini, Khofifah kompak sama Wagub Emil Darfak mendukung paslon 02. 

Secara nasional, kata pria yang juga tokoh muda NU ini, Khofifah saat ini merupakan Ketua Umum PP Muslimat NU yang anggotanya seluruh Indonesia mencapai puluhan juta. 

"Pemilih Muslimat ini militan sama pimpinannya, mereka pasti solid mengikuti arah pimpinan dalam dukungan Pilpres," tandasnya. 

Selain itu, hingga saat ini, trend dukungan pada Prabowo-Gibran terus naik. "Potensi menang satu putaran semakin terbuka lebar," pungkasnya.