Kirim Bantuan Palestina Lewat Kawasan Laut Berbahaya, Ini Pesan Khusus Prabowo untuk Prajurit TNI AL

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Palestina di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara/Ist
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Palestina di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara/Ist

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Palestina melalui Mesir membawa bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina yang menjadi korban konflik dari agresi Israel.


“Saya menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia Presiden Joko Widodo. Atas nama pemerintah saya ucapkan, selamat bertugas,” kata Prabowo saat melepas keberangkatan bantuan di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/1).

Kepada seluruh personil yang bertugas, Prabowo menyampaikan pesan agar tetap menjaga kekompakkan, dan terus waspada selama perjalanan karena akan melewati kawasan laut yang saat ini dilanda konflik.

“Kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” kata Prabowo.

Berdasarkan data yang diterima, sebanyak 214 prajurit akan melaksanakan Satgas Muhibah/Port Visit Ke Mesir 2024 selama kurang lebih 52 hari.

Usai memberikan amanat, Prabowo kemudian menyalami para personel yang akan bertugas.

Secara khusus Prabowo berpesar agar prajurit TNI AL, sebab kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 akan melewati kawasan laut berbahaya di sekitar Teluk Aden.

“Saudara-saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya yang saat ini sedang berkecamuk perang. Kita adalah negara yang tidak terlibat dalam perang, tetapi kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita yang ada di Palestina," kata Prabowo.

"Saya percaya, tingkat latihan saudara, disiplin saudara, semangat saudara, yang akan membawa saudara menyelesaikan tugas ini dengan berhasil,” sambungnya.

Prabowo mengaku berdoa agar seluruh kru KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 selalu mendapat perlindungan dalam menjalankan tugas. Apalagi KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 akan menempuh perjalanan selama 15 hari.

Kata Prabowo, pemberian bantuan ini merupakan langkah atau bukti konkret Indonesia yang selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina.

“Semoga Allah melindung KRI Radjiman dan seluruh awak kapalnya. Kita terus kerahkan apa yang bisa kita buat untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina,” kata Prabowo.

Prabowo turut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada TNI dan TNI AL yang telah bekerja keras untuk menyiapkan kapal rumah sakit ini.

“Terima kasih KSAL, terima kasih Mabes TNI yang bekerja keras menyiapkan kapal ini,"  pungkasnya.