Ada TPS di Medan Ekstrem Tengah Hutan, Bawaslu Jember Minta KPU Beri Atensi Kirim Logistik Surat Suara Lebih Awal

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pelaksanaan Pemilu 2024, bisa dipastikan masih berada pada musim penghujan. Karena itu Bawaslu Kabupaten Jember mengingatkan KPU Jember adanya potensi kerawanan saat cuaca ekstrem tersebut. KPU diminta untuk mengirimkan logistik surat suara lebih awal ke lokasi medan ekstrem di beberapa desa di Kecamatan Silo dan Tempurejo.


Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Jember, Sanda Aditya Pradana, ada beberapa Daerah lokasi  TPS (tempat pemungutan Suara) dengan sulit diakses di 2 kecamatan di Jember saat musim penghujan. 

"Karena medan ekstrem, yakni jalanan terjal dan sangat licin. Bahkan ada yang tidak bisa dilalui kendaraan, kecuali kuda atau jalan kaki saja," ucap Sanda, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (19/1).

Oleh karena itu, perlu diantisipasi sejak dini dan memastikan logistik surat suara tersebut, sampai ke lokasi sebelum hari H pencoblosan. Yakni ada 2 dusun di Desa Mulyorejo, yakni dusun Patungrejo dan dusun Lembung Tasek.

Bahkan akses menuju TPS di dusun Patungrejo lebih gampang jika melewati daerah perbatasan Jember-Banyuwangi, yakni wilayah kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 

"Apalagi ketika hujan, untuk daerah Lembung Tasek sangat sulit diakses," katanya.

Selain itu ada daerah, yang hanya bisa ditempuh dengan angkutan kuda atau jalan kaki.  Karena itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan KPU dan Staekholder terkait pengiriman logistik surat suara tersebut. Daerah tersebut, menjadi atensi khusus Bawaslu, karena sulit diakses dengan kendaraan biasa.

Sementara untuk daerah rawan lainnya , berada di Desa Jambesari Kecamatan Kecamatan Sumberbaru. Sebab,  jaraknya terjauh atau terluar Kabupaten Jember, yang berbatasan dengan tiris Probolinggo. 

"Namun menuju tempat tersebut, masih bisa diakses dengan kendaraan trail," terangnya.


ikuti update rmoljatim di google news