Relawan Prabowo-Gibran Tanam dan Bagikan 500 Bibit Pohon di Malang

Relawan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran di acara penanaman pembagian ratusan bibit pohon di Kabupaten Malang/RMOLJatim
Relawan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran di acara penanaman pembagian ratusan bibit pohon di Kabupaten Malang/RMOLJatim

Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial (GEMA PS) menanam ratusan pohon bagi masyarakat di Kabupaten Malang, Sabtu (20/1).


GEMA PS merupakan salah satu relawan pasangan Capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Tujuan penanaman 500 pohon dan pembagian bibit pohon yang dilakukan di Lapangan Tunggal Jati RT 13/ RW 01 Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang tersebut adalah untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat hutan yang tergabung dalam KTH. 

"Selain itu, masyarakat di kawasan hutan setempat memperoleh bibit tanaman berbagai jenis," kata Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Maju Mapan, Muhammad Firman, kepada Kantor Berita RMOLJatim.

"Kebetulan hari ini ada kampanye Pak Prabowo Presiden, kami dalam GEMA PS agar kampanye ini berjalan tertib, positif dan tidak hanya hura-hura saja, namun kami lakukan pembagian bibit pohon bagi masyarakat," imbuhnya 

Firman menjelaskan, 500 bibit pohon itu terdiri dari 300 bibit pohon cengkeh, 100 bibit pohon jeruk Siam, 80 bibit pohon durian musang king dan 20 bibit pohon Pala. 

"Masyarakat yang hadir dari Desa Tambakrejo, Tambaksari, Kedungbanteng dan Sukodono. Yang hadir 600 orang. Mereka kami persilahkan mengambil bibit pohon agar bisa ditanam di lahan mereka masing masing," terangnya. 

Dengan adanya kegiatan ini, Firman berharap Prabowo dan Gibran bisa terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

"Harapan kami Prabowo-Gibran menang satu putaran pastinya. Karena kami relawan yang tergabung GEMA PS ini sudah berkomitmen, dan Pak Prabowo juga sudah sepakat meneruskan perjuangan kita dalam memakmurkan masyarakat sekitar huta. Termasuk di bidang kehutanan sosial dan agraria, dan kebetulan kami menjadi pendamping KTH Maju Mapan," tandasnya. 

kegiatan itu, kata dia mendapat apresiasi dari Bawaslu dan keamanan yang mampu menggelar kampanye, dengan aksi nyata tanpa huru-hara semata. 

"Kegiatan hari ini murni inisiatif dari relawan GEMA PS, kami tidak melibatkan calon siapapun dan tidak ditunggangi pihak manapun. Namun kami ingin kesejahteraan masyarakat hutan ikut terangkat melalui aksi kami hari ini," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua GEMA PS, Rozikin mengungkapkan, penanaman dan pembagian bibit pohon bagi masyarakat yang ada disekitar hutan wilayah Kabupaten Malang terdapat dua titik. Diantaranya, di Dusun Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dan Sumbermanjing Wetan. 

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat riang gembira menyambut pesta Pilpres tahun ini. Semoga Pak Prabowo dan Mas Gibran menang dalam Pilpres," paparnya. 

Khusus di Jawa saat ini, lanjut Rozikin, terdapat 2,4 juta hektar lahan. Terdapat 1,1 juta hektar lahan dengan 806 ribu lahan kehutanan sosial. Sisanya masuk ijin penggunaan sebagai kawasan pemukiman, fasilitas umum dan fasilitas sosial. 

"Kami berharap, Dinas Kehutanan memperhatikan penuh kebutuhan masyarakat hutan, seperti soal pupuk bersubsidi dan segera dilakukan pemberdayaan masyarakat hutan secara berkala," pungkasnya.