Beredar Video di Medsos Caleg PKB Bagikan Sembako dan Uang Rp 50 Ribu Dilengkapi Striker

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Beredar video di Media Sosial (Medsos) TikTok mengenai dugaan pembagian sembako dan menggunakan politik uang dilakukan oleh sejumlah oknum oleh Calon Legislatif (Caleg) dari PKB. Yang mana uang tunai yang dibagikan pecahan berjumlah Rp 50 ribu.


Dalam narasi video yang diunggah akun Cursed Anonymus itu dijelaskan, setelah membagikan sembako, dan uang tunai beserta dilengkapi striker bergambar masing-masing Caleg, warga diarahkan untuk memilih Caleg dari DPRD Kabupaten Malang yaitu Siti Khoiriyah, Caleg DPRD Propinsi Jatim, Fatchullah dan Caleg DPR RI, Ali Ahmad, serta Capres nomer urut 1, Anis Baswedan. 

"Wah mana ni Bawaslu Kabupaten Malang, masak seperti ini dibiarkan saja, slepet," bunyi dalam video tersebut dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Pada saat kejadian itu, ada salah satu warga bernama Edi Sayuti dari Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, yang juga lembaga pemantau Pemilu dari LP-KPK mengetahuinya dan berhasil mengamankan beberapa bukti. 

"Benar mas, saya kemudian melaporkan ke Panwascam Kecamatan Pakisaji pada Selasa (13/2/2024) kemarin. Kejadiannya pada Minggu (11/2/2024) lalu," ungkap Edi dihubungi melalui sambungan telepon saat dikonfirmasi, Rabu (14/2). 

Dalam hal ini, Edi juga sebagai pelapor mengaku sudah dimintai keterangan oleh Panwascam Pakisaji, atas upaya pemberian uang Rp50 ribu dan sembako serta gambar Caleg PKB. 

"Yang saya tahu ada satu amplop, berisi uang Rp50 ribu. Kemudian kami jadikan bukti untuk membuat laporan ke Panwascam Pakisaji," paparnya. 

Lebih jauh, Edi juga menerangkan, isi uraian kejadian tersebut berbunyi adanya pembagian uang di desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, dari Caleg PKB DPR RI atas nama Ali Ahmad.

Adapun barang bukti yang diserahkan ke Panwascam Pakisaji berupa uang Rp50 ribu, satu bungkus sembako berisi minyak goreng satu liter dan gula pasir.