PKB, Gerindra, Golkar dan PDIP Gresik Saling Klaim Dapat Tambahan Kursi Parlemen

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Sejumlah partai politik (parpol)  di Gresik, yang selama ini mendominasi kursi parlemen seperti PKB, Gerindra dan Golkar dan PDIP, saling mengklaim suaranya mengalami kenaikan dalam Pemilu 2024. Hal ini pasca melakukan perhitungan internal menggunakan data C1 yang dimilikinya. 


Ketua DPC PKB Gresik, Much. Abdul Qodir, mengatakan pihaknya masih terus melakukan rekap perhitungan suara Pemiku Legislatif (Pileg) 2024 sesuai dengan data yang masuk di internal partainya. 

"Melihat tren suara yang sudah masuk, kami optimis bakal bisa meraih 15-16 kursi di DPRD Gresik dari yang sebelumnya 13 kursi,” ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (17/2).

Senada juga diungkapkan Ketua DPC Gerindra Gresik Asluchul Alif bahwa pada Pemilu 2024, partai yang dipimpinnya menargetkan 12 kursi DPRD Gresik. 

"Jika di Pileg 2019, Gerindra meraih 8 kursi. Pileg 2024 ini, kami target 4 kursi tambahan dan target ini realistis. Sebab, banyak Caleg yang diusung Gerindra Gresik berlatar pengusaha dan milenial. Mereka semua adalah petarung," tuturnya. 

Optimistisme Gerindra bisa meraih tambahan 4 kursi tambahan lanjut Alif, ada di tiga daerah pemilihan (dapil) yang potensinya tinggi. 

"3 dapil yang berpotensi adalah dapil Gresik 1 (Kebomas - Gresik), dapil Gresik 2 (Wringinanom – Driyorejo) dan dapil Gresik 9 (Manyar - Bungah). Saya sendiri maju di dapil Gresik 9, Alhamdulillah lolos melenggang ke kursi DPRD Gresik,” tandasnya. 

Sementara, Ketua DPD Golkar Gresik Ahmad Nurhamim menyampaikan sesuai perhitungan suara partainya bisa mendapatkan 9 kursi.

"9 kursi itu berasal dari seluruh dapil yang tersebar di Gresik, arti akan ada tambahan 1 kursi yang kami dapatkan dibanding Pileg 2029 lalu," imbaunya. 

Seolah tak mau kalah dengan para rivalnya, Ketua DPC PDIP Gresik Mujid Riduan menegaskan bahwa partainya bakal mendapat 2 kursi tambahan dari dapil Gresik 3 (Menganti - Kedamean) sehingga pihaknya bakal memiliki 8 kursi parlemen dari yang sebelumnya 6 kursi. 

"Tambahan 2 kursi ini kami peroleh setelah melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu legislatif (Pileg) 2024 di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS)," tukasnya. 

"Kepastian 2 kursi di dapil Gresik 3, karena total suara yang mampu kita meraup sebesar 31 ribu. Termasuk didalam jumlah suara itu, adalah suara milik saya yang terkumpul sebanyak 14.000 suara," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news