Truk Tangki Air Minum di Jember Terperosok Got, Satu Orang Tewas Terjepit

Proses evakuasi mobil tangki air di Jember/Ist
Proses evakuasi mobil tangki air di Jember/Ist

Satu unit truk tangki air mineral nopol P-8924-GJ terperosokk got dengan kedalaman 2 meter di Jalan Jawa VII, Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Sabtu (24/2) pagi.


Seorang kernet bernama Ilham (23), warga Desa Sumberpinang, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, tewas seketika di TKP.

"Saat saya akan berangkat kerja, tiba-tiba, terdengar seperti benturan keras, brakk. Lalu saya keluar rumah dan terlihat truk masuk got, posisi miring," kata AKP Setiono Budhi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan peristiwa itu terjadi karena dekat rumahnya, sehingga datang bersama warga lainnya untuk memberikan pertolongan. Bahkan si sopir menyatakan kernetnya yang memberikan aba-aba hilang ikut terperosok ke dalam got. 

"Setelah dilakukan pencarian, kernet akhirnya ditemukan dengan posisi kaki diatas," kata Kapolsek Sumber Jambe ini, yang sudah siap-siap berangkat ke tempat kerjanya.

Senada disampaikan Dwi Solihin, saksi mata lainnya. Dia menjelaskan bahwa truk tangki air tersebut sudah sering mengisi air di Depo Air Minum Isi Ulang Berkah Mineral. Namun sebelum-sebelumnya, tidak pernah menyuplai air mineral dilakukan terlalu pagi.

"Biasanya agak siang, sehingga saat parkir biasanya ada yang mengawasi, kadang saya. Cuma  saya tadi pas sedang di pasar," terang dia.

Dwi menduga, saat hendak mengisi air, truk tersebut terlalu ke kiri mepet tembok, di atas plat beton penutup got atau saluran drainase. Beton penutup tersebut tidak mampu menopang beban truk sehingga truk terperosok.

Akibat kejadian tersebut, salah satu kernet bernama Ilham terjepit badan truk di bagian belakang. Sedangkan sopir berhasil selamat karena truk miring ke kiri.

Sopir truk bernama Dian, warga Desa Sumberpinang, Kecamatan Pakusari mengatakan mengemudikan didampingi kernetnya, ilham. Setibanya di depan Depot Air Minum Isi Ulang Berkah Mineral, Ilham turun dari truk.

Ia kemudian mengatur posisi truk saat hendak parkir, supaya kendaraan lain tidak terganggu. 

"Namun, ketika Ilham memberi aba-aba saat truk mundur, terus, terus dan bilang stop,  tiba-tiba truk terjatuh ke got," katanya.

Saat kejadian itu, Dian bersama pemilik Depot Air Minum berusaha menolong Ilham. Mereka masuk ke dalam got sedalam kurang lebih 2 meter melalui celah-celah di bagian belakang truk.

Dian berusaha menarik tubuh Ilham yang terjepit tangki, namun tidak bisa, karena terjepit bodi belakang truk.

Karena itu, dua truk derek dan satu mobil yang dilengkapi alat derek didatangkan untuk menarik badan truk. Mereka berusaha dengan berbagai variasi, namun tidak mampu menarik badan truk.

Setelah berkali-kali gagal, warga akhirnya membuat lubang di got bagian lain untuk mencapai tubuh Ilham. 

"Dengan sedikit bantuan truk derek, tubuh Ilham berhasil dievakuasi pada pukul 09.42 WIB. Jenazah Ilham langsung dibawa ke rumah sakit menggunakan mobil jenazah," jelasnya.

Akibat peristiwa itu, kondisi Depot Air Minum Isi Ulang Berkah Mineral mengalami kerusakan parah di bagian depan. Tembok bagian samping juga retak.