HUT ke-25, Lions Club Surabaya Mahardika Santuni Anak Yatim

LCS Mahardika menyerahkan santunan/Ist
LCS Mahardika menyerahkan santunan/Ist

Sebagai bentuk kepedulian sosial, Lions Club Surabaya (LCS) Mahardika memberikan santunan kepada panti asuhan dan 4 beasiswa bagi anak jalanan binaan SSC Surabaya di Graha Mahameru, Rabu (27/3).


Santunan ini juga sebagai penanda Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 yayasan atau lembaga jejaring internasional yang bergerak di bidang aksi sosial ini.

Presiden LCS Mahardika Meliana Tanomiharjo mengatakan sengaja berbagi kasih dengan menyantuni anak yatim, panti asuhan, dan anak jalanan sebagai bentuk kepedulian LCS terhadap nasib masa depan anak Surabaya.

Beberapa lembaga diundang dalam perayaan HUT ke-25, seperti Save Street Child (SSC) Surabaya dan lainnya.

"Karena sengaja kerjasama, supaya kami lebih fokus pada siapa kami bisa merangkul, kalau kami sendirian, mungkin butuh lebih banyak waktu memilih siapa yang kami rangkul," ujarnya di sela-sela acara buka bersama, penyerahan santunan dan program beasiswa secara simbolis. 

LCS Mahardika, kata Meliana, juga membantu masyarakat umum terutama kesehatan mata. Seperti mengadakan pemeriksaan gratis, pengobatan, dan seterusnya. "Setiap Lions Club ini independen, membantu anak dan masyarakat umum," ungkapnya.

Sekretaris LCS Mahardika Eko Juniarto Rijadi menambahkan, LCS memiliki fokus mendekati anak kecil yang membutuhkan uluran tangan. Mereka mendapatkan bantuan beasiswa untuk meringankan beban biaya sekolah.

"Projet kami terakhir kemaren ada bantuan reading corner, beberapa sekolah yang membutuhkan kita bantu, agar di dalam sekolah anak-anak memiliki semangat membaca," katanya. 

LCS, katanya, membangun kerjasama dengan berbagai instansi. Fokus LCS saat ini untuk edukasi anak, tetapi tidak menutup kemungkinan akan bergerak ke bidang yang lain.

Ketua Save Street Child Surabaya Advin Mariono menyampaikan terimakasih kepada LCS Mahardika. Pasalnya, komunitas pemerhati anak jalanan yang dibinanya mendapat bantuan dari Lions Club. 

"Kami dibantu beasiswa untuk 4 anak binaan untuk jenjang SMP dan SMA selama setahun," ucapnya. 

Ia mengakui kehadiran LCS Mahardika sangat membantu meringankan beban anak Surabaya, terutama dalam bidang pendidikan.

LCS bukan saja menyalurkan beasiswa, tetapi juga mendonasikan beberapa buku dan alat-alat tulis serta keperluan sekolah. 

"Ini program kerjasama yang berdampak. Sudah hampir setahun lebih kerjasamanya," pungkasnya.