Kursi di Pemilu Legislatif 2024 Bertambah, Ketua PKS Jatim: Kita Termotivasi Menangkan Pemilu 2029

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan/ist
Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan/ist

Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jatim menyatakan rasa syukur atas hasil yang dicapai dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 ini.


Selain itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama PKS yaitu pengurus, anggota, dan para caleg serta mitra strategis dari berbagai kalangan. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih PKS pada pemilu 2024. 

Alhamdulillah Kursi untuk PKS di Jawa Timur bertambah, baik di DPRD Jatim maupun DPR RI. Total 5 kursi DPR-RI dari Jatim, serta 5 kursi DPRD Jawa Timur. 

Bila pada tahun 2019, hanya 2 kursi PKS dari Jatim untuk DPR-RI, di Pemilu 2024 ini bertambah 3 kursi menjadi 5 kursi.  Demikian juga di DPRD Jatim, bila pada 2019 kursi PKS hanya 4 sehingga masuk Fraksi Gabungan, sekarang bertambah 1 kursi lagi menjadi 5. Kembali menjadi 1 Fraksi Mandiri. 

“Insya Allah di DPRD Jatim bisa satu Fraksi PKS,” ujar Ketua Umum DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, ketika memberikan sambutan pada Rakorwil PKS Jatim Koordinasi Pasca Pileg Menuju Pilkada 2024, Sabtu, 9 Maret 2024 lalu.

Perolehan suara PKS juga mengalami  kenaikan baik di untuk perolehan pusat maupun perolehan propinsi. Bila pada tahun 2019 perolehan suara untuk DPR-RI sebanyak 862.840 suara, sekarang menjadi 1.129.863 suara. Total ada kenaikan 267.023 suara. 

Untuk perolehan suara propinsi juga mengalami kenaikan sebanyak 312.270 suara. Bila pada Pileg 2019 untuk DPRD Jatim ada 995.390 suara, sekarang menjadi 1.307.660 suara. 

Selanjutnya untuk rincian perolehan kursi, perolehan kursi PKS DPR-RI dari Dapil Jatim U (Surabaya – Sidoarjo) 1 kursi, Dapil Jatim IV (Jember – Lumajang) 1 kursi, Dapil Jatim V (Kab. Malang - Kota Malang - Kota Batu) 1 kursi, Dapil Jatim VII (Kab. Ngawi - Kab. Magetan - Kab. Ponorogo - Kab. Trenggalek - Kab. Pacitan) 1 kursi, dan Dapil Jatim VIII  (Kab. Mojokerto - Kota Mojokerto - Kab. Jombang - Kab. Nganjuk - Kab. Madiun - Kota Madiun) juga 1 kursi.

Sementara itu untuk perolehan kursi PKS di DPRD Provinsi Jawa Timur, rinciannya Dapil Jatim 1 (Surabaya) 1 kursi, Dapil Jatim 5 (Jember-Lumajang) 1 kursi, Dapil Jatim 6 (Kab. Malang - Kota Malang - Kota Batu) 1 kursi. Lalu Dapil Jatim 9 (Ngawi - Magetan - Trenggalek - Ponorogo – Pacitan) 1 kursi, dan Dapil Jatim 14 (Bangkalan - Sampang - Pamekasan – Sumenep) 1 kursi.

Berdasarkan rekapitulasi suara juga Insya Allah peraih Fraksi PKS tersebar di Kota Surabaya, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kab. Jember, Kota Malang, Kota Batu, Kab. Magetan, Kab. Trenggalek, Kab. Madiun, Kota Madiun, Kab. Mojokerto, Kota Mojokerto,  Kab. Sampang dan Kab. Pamekasan. Sedangkan peraih pimpinan DPRD meliputi Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Trenggalek.

Atas berbagai capaian tersebut, Irwan menyampaikan tidak boleh sombong bagi yang terpilih dan tercapai. Juga tidak putus asa bagi yang belum terpilih dan tercapai targetnya. Semuanya adalah ketentuan Allah dan semuanya ada kebaikan.

"Mari kita lakukan evaluasi secara objektif dan terukur agar kita termotivasi untuk bersungguh-sungguh dan lebih giat lagi untuk memenangkan pemilu 2029, termotivasi untuk bersabar, dan termotivasi untuk menyusun strategi yang lebih baik kedepan," ujar kang Irwan yang berusia 48 tahun. 

Dalam Rakorwil itu juga dibahas persiapan menghadapi agenda Pilkada 2024 yang akan diselenggarakan Nopember mendatang. Ketua DPW Irwan Setiawan berharap agar gelaran Pilkada mendatang merupakan momentum bagi partai untuk pecah telor anggota menjadi kepala daerah. 

“Targetnya ada anggota yang menjadi kepada daerah dan Minimal 60 persen calon yang diusung menang di Pilkada se-Jatim nantinya,” ujar Irwan. 

Untuk itu langkah-langkah strategis dalam memenangkan pilkada akan segera dilakukan oleh semua DPD PKS se-Jatim. Selain itu juga langkah-langkah strategis terkait dengan Pilgub juga akan segera dilakukan oleh DPW. 

"Pasca pileg, DPD PKS se-jatim sudah siap move on melaksanakan agenda berikutnya baik Konsolidasi, optimalisasi capaian pemilu, dan pilkada" pungkas Kang Irwan.