Pj Bupati Madiun Tegaskan Tidak Akan Maju Dalam Pilkada 2024

Pj Bupati Madiun saat hala bihalal di pendopo Ronggo Djumeno Caruban Madiun/ist
Pj Bupati Madiun saat hala bihalal di pendopo Ronggo Djumeno Caruban Madiun/ist

Penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto tegaskan tidak akan maju untuk calon wakil Bupati Madiun di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang. 


Hal ini disampaikan untuk menepis isu yang beredar. Disisi lain Pj Bupati masih teguh memegang amanat Kemendagri untuk mengatur roda pemerintahan di kabupaten Madiun Jawa Timur. 

"Isu itu tidak benar, bagaimana bisa saya mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati sedangkan saya ini masih memegang mandat dan amanat Kemendagri untuk menjalankan roda pemerintahan disini," tegas Tontro usai acara halal bi halal di pendopo Ronggo Djumeno kabupaten Madiun, Selasa (16/4). 

Sebagai penyelenggara pemerintahan dirinya akan berusaha mewujudkan kondisi yang kondusif di wilayah Kabupaten Madiun saat pilkada mendatang. Selain itu pun menurut pengakuan Tontro tidak ada satu pun pengurus partai partai yang mencoba mendekati dirinya untuk menawarkan maju dalam pilkada mendatang. Dikarenakan para pengurus partai - partai tahu bahwa dirinya merupakan penyelenggara pemerintahan. 

"Sebagai penyelenggara pemerintahan di kabupaten Madiun saya menginginkan kondisi yang kondusif dan harus kondusif baik menjelang dan sesudah pilkada nanti. Para pengurus partai tahu dan paham kalau saya ini penyelenggara pemerintah jadi tidak mungkin di dekati," ujarnya. 

Sekedar diketahui, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pernah menegaskan, Penjabat kepala daerah harus mundur dari jabatan lima bulan sebelum pelaksanaan pilkada, jika ingin ikut pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diselenggarakan pada 27 November 2024.