KM Kirana VII Raih Pelayanan Publik Prima Utama Kemenhub, Direksi DLU Apresiasi Kinerja Kru Kapal

Direksi DLU kunjungan ke Kapal Kirana VII
Direksi DLU kunjungan ke Kapal Kirana VII

KM Kirana VII milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Perhubungan RI dengan kategori Pelayanan Publik Transportasi Prima Utama.


KM Kirana VII merupakan satu dari sepuluh armada milik DLU yang meraih penghargaan serupa.

Kapal ini beroperasi dengan rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Lembar Lombok serta menyuguhkan berbagai macam fasilitas unggulan. Maka tak heran, jika KM Kirana VII masuk dalam daftar peraih penghargaan.

Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono bersama jajaran direksi pun melakukan kunjungan apresiasi ke KM Kirana VII. 

Terutama bertemu para kru kapal yang telah memberikan pelayanan secara optimal.

"Alhamdulillah Dharma Lautan total mendapatkan sepuluh penghargaan dari sepuluh unit pelayanan publik yang dilombakan dan hari ini saya berkunjung ke Kirana VII sebagai salah satu pemenang di Pelabuhan Tanjung Perak," kata Erwin, Jumat 23, Mei, 2025.

Lima dari sepuluh armada peraih penghargaan tersebut, memang berpusat (home base) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Yaitu KM Kirana VII, KM Dharma Kencana V, KM Dharma Rucitra VIII, KM Dharma Kartika II dan KM Dharma Kartika V.

"Alhamdulillah armada di Pelabuhan Tanjung Perak mendapatkan lima penghargaan salah satunya adalah Kirana VII," ujarnya didampingi Direktur Usaha dan Operasional Rahmatika Ardiyanto beserta Kepala Cabang PT DLU Tanjung Perak Surabaya, Doni Surya.

Dikatakan Erwin, kunjungan ke KM Kirana VII sebagai bentuk apresiasi dari manajemen sekaligus penghargaan kepada seluruh kru yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

"Dan juga yang terpenting adalah, kami dari manajemen ingin memastikan bahwa memang penghargaan itu layak kami dapat, tolok ukurnya hanya satu, adalah kepuasan pelanggan," terang Erwin.

"Penghargaan ini kami persembahkan kembali kepada pelanggan sehingga pelanggan kami bisa lebih percaya lagi sekaligus kita sepanjang perjalanan kapal ini harus selalu ingat bahwa kita punya standar yang harus dijaga," kata Erwin.

Kedatangan Direksi DLU ke KM Kirana VII sekaligus untuk memastikan bahwa penghargaan pelayanan publik transportasi Prima Utama dari Kemenhub benar-benar layak didapat serta upaya peningkatan melalui evaluasi.

"Kita nggak akan pernah berhenti melakukan peningkatan layanan sebagaimana harapan pelanggan," tandasnya.

Penghargaan yang diraih sekaligus menjadi pengingat bahwa sepanjang kapal berlayar, DLU memiliki standar pelayanan terhadap penumpang yang harus dijaga.

Sebenarnya, Erwin mengungkapkan, tanpa memperoleh penghargaan pun, DLU bertekad akan terus melakukan evaluasi untuk terus meningkatkan mutu pelayanan terhadap penumpang. 

"Terlebih harapan konsumen tidak ada batasan. Kami ingin semua puas berlayar bersama DLU," ucapnya. 

Dengan predikat pelayanan publik transportasi Prima Utama yang telah dipertahankan enam kali berturut-turut, dalam waktu dekat atau bulan Juni mendatang, DLU menyatakan siap menyambut pelayanan angkutan pelayaran penumpang ke berbagai tujuan di masa liburan sekolah. 

"Kita di negara tropis, cuaca masih aman. Lautan kita relatif tenang. Kapal-kapal kita memenuhi standar keselamatan dengan penuh kewaspadaan," kata Erwin.

Sebelumnya, Rabu (14/5/2025), PT Dharma Lautan Utama kembali memperoleh

penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2024 dari Kementerian Perhubungan RI, dengan kategori Prima Utama.

Penghargaan yang rutin diberikan 2 tahun sekali ini merupakan penghargaan yang ke-6 kalinya diperoleh oleh PT Dharma Lautan Utama secara berturut turut sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, dengan predikat Prima Utama, yang merupakan kategori predikat tertinggi atau terbaik dalam pelaksanaan pelayan prima unit pelayanan publik di bidang transportasi.

Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan, Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan RI, Pandu Yunanto dan diterima langsung oleh Direktur Utama PT. Dharma Lautan Utama Erwin H Poedjono SE di Jakarta.

Pada tahun 2024, PT Dharma Lautan Utama mengikutsertakan 10 (sepuluh) unit armada kapal untuk kategori penilaian “Unit Jasa Pelayanan Transportasi Laut”, serta seluruh armada kapal yang dilombakan meraih penghargaan dengan predikat Prima Utama, yang merupakan kategori tertinggi atau terbaik dari total 20 penerima penghargaaan kategori Prima Utama. 

Yaitu PT ASDP Indonesia Ferry (3 penghargaan), PT. Angkasa Pura (3 penghargaan), PT. Garuda Indonesia (2 penghargaan), Ditjen Perhubungan Udara (1 penghargaan), Ditjen Perhubungan Laut (1 penghargaan).

Dari 10 penghargaan Prima Utama yang diperoleh tersebut, 5 unit adalah armad kkapal dengan home base Cabang Tanjung Perak Surabaya. Yaitu KM. Kirana VII, KM. Dharma Kencana V, KM. Dharma Rucitra VIII, KM. Dharma Kartika II dan KM. Dharma Kartika V.

Proses penilaian dilakukan secara pemeriksaan langsung dilapangan (offline). Melibatkan tim penilai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PAN-RB, Ombudsman, YLKI, Akademisi dan Media, serta dilanjutkan dengan verivikasi data secara online.

ikuti terus update berita rmoljatim di google news