Kandaskan PDAM Polewali 3-0- PT. Thiess Sangata Juara Lipesia 2018

Gelaran Final Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) mempertemukan PT Thiess dari Sangata Kalimantan Timur (Kaltim) melawan PDAM Polewali Mandar.


PT. Thiess berhasil menjadi juara dengan dengan skor meyakinkan 3-0. Pertandingan sendiri berlangung di Stadion Sumantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta, Selasa (1/5).

Final Lipesia merupakan puncak rangkaian kegiatan May Day 2018 dengan mengusung tema May Day is Fun Day.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyatakan maksud pergelaran Lipesia untuk memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, memperkuat ke Bhinneka-an, dan meningkatkan ketahanan sosial khususnya bagi pekerja/buruh.

Selain itu, untu meningkatan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olah raga khususnya sepakbola.

"Melalui Lipesia ini diharapkan menjadi inspirasi model pelaksanaan perayaan May Day bagi pekerja/buruh dan masyarakat Indonesia, " kata Menteri Hanif.

Lanjut Hanif, sebagai salah satu cabang olahraga paling populer di seluruh dunia, sepakbola tidak hanya sekedar olahraga untuk meraih kemenangan dan prestasi.

Sepakbola juga, sebagai alat pemersatu bangsa, memperkuat jiwa kebangsaan, persaudaraan, kebersamaan dan dapat meningkatkan ketahanan sosial serta mampu menjadikan hiburan yang sehat bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya pekerja/buruh.

"Kita semuanya berkumpul di sini untuk menyaksikan pertandingan Final Liga Pekerja Indonesia. Saya mengapresiasi penyelenggaraan Lipesia, yang telah di laksanakan jauh-jauh hari oleh Kemnaker dan didukung oleh Kemenpora, PSSI dan APINDO ini, " ujar Menteri Hanif.

Menteri Hanif menilai penyelenggaraan Lipesia sebagai momentum tepat menyambut May Day tahun 2018, dengan menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan.
"Semua unsur, baik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), Pengusaha dan Pemerintah dapat menikmati suasana yang penuh kegembiraan, damai dan positif, sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh, " kata Menaker Hanif

Haiyani Rumondang dalam laporannya mengatakan Lipesia merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2009-2014, A. Muhaimin Iskandar, sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kemnaker untuk mewujudkan semangat kebersamaan dan sportivitas pada peringatan May Day.

Haiyani menambahkan Lipesia diikuti sebanyak 219 Tim dari 29 Provinsi, dengan mengacu pada Regulasi pertandingan FIFA dan PSSI.

Zona Provinsi diikuti 219 Tim, dari 29 Provinsi; Zona Regional, diikuti 29 Tim Pemenang Zona Provinsi yang dikelompokkan dalam 8 (delapan) wilayah/regional; Babak 8 (delapan) Besar Nasional diikuti oleh pemenang Zona Regional.

Lipesia juga memberikan penghargaan kepada pemain dengan kategori  Top Scorer, Best Player, dan Best Goalkeeper.

Hadir menyaksikan final Lipesia Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jend (Purn) TNI Moeldoko, Anggota Komisi IX DPR RI Mafirion, Dirjen Pembinaan Hubungan Industial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Tenaga Kerja Haiyani Rumondang, Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta PKK) Maruli A. Hasoloan. [dzk]