Bantaran Sungai Cisadane Jadi Track Sepeda

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany membuka kegiatan lomba sepeda Jalur Pinggir Cisadane (JPC) Park yang diselenggarakan di Kranggan, Setu, Minggu (6/5).


"Lokasi ini nantinya akan kita manfaatkan bagi para pecinta olahraga sepeda yang ada di Tangsel untuk menyalurkan hobi sepedanya," ungkapnya.

JPC Park yang dibangun di pinggir Sungai Cisadane sepanjang enam kilometer diharapkan dapat menjadi salah satu tempat wisata baru bagi masyarakat Kota Tangsel dan penggemar sepeda di seluruh Indonesia.

"JPC Park juga sebagai salah satu upaya Kota Tangsel mendukung Kota Sepeda. Tidak hanya itu, ini juga dapat dijadikan alternatif buat MTB. Apalagi dengan kombinasi wisata kuliner yang ada. Ke depan perlu dibikin toilet dan saya akan minta ke Dinas Pekerjaan Umum," katanya.

Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kota Tangsel, Dudung E Diredja mengatakan, konsep JPC Park mengklaborasikan pembangunan olahraga dan kuliner. Menurutnya, gagasan ini muncul dari pantauan lapangan,  di mana tempat ini dilengkapi dengan kuliner yang banyak diminati masyarakat.

"Di manapun kita start saat bergowes ada tempat makannya jadi saat capek bisa menikmatinya," ujar Dudung.

Menurutnya, hal ini juga merupakan tantangan bagi walikota agar Kota Tangsel layak untuk sepeda. Kehadiran JPC Park tentunya sangat didukung karena belum ada kabupaten maupun kota di Indonesia yang mencanangkan sebagai Kota Sepeda.

Apalagi, lanjutnya, kegiatan ini bentuk kolaborasi antara kegiatan pariwisata dan kegiatan bersepeda. Oleh sebab itu, ISSI akan menyediakan sarana dan prasarananya.