Jawa Timur Bakal Punya Tiga Stadion Berstandar FIFA

Ilustrasi tiga stadion Jawa Timur  berstandar internasional dan FIFA/IG bgpu_official
Ilustrasi tiga stadion Jawa Timur  berstandar internasional dan FIFA/IG bgpu_official

Provinsi Jawa Timur bakal memiliki stadion sepak bola nasional berstandard internasional sesuai ketentuan FIFA.


Tiga stadion itu adalah Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Kabupaten Pamekasan, Gelora Joko Samudro di Kabupaten Gresik, dan Gelora Delta di Kabupaten Sidoarjo. 

Ketiga stadion itu rencananya akan direnovasi dengan total anggaran Rp266 miliar. 

Renovasi ini menggunakan dana APBN yang terbagi sebesar Rp72,10 miliar untuk Gelora Madura Ratu Pamelingan, Rp94,08 miliar untuk Gelora Joko Samudro Gresik, dan Rp100 miliar untuk Gelora Delta Sidoarjo.

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau progres renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Kabupaten Pamekasan, beberapa waktu lalu.

Menurut Basuki, renovasi ketiha stadion sudah dimulai  sejak Desember 2023 dan ditargetkan selesai pada Agustus 2024. 

Ketiga stadion ini mendapatkan renovasi dalam banyak hal mulai dari mulai lapangan utama, kursi untuk penonton, lampu penerangan dan fasilitas penunjang lainnya, termasuk sarana yang menunjang kebutuhan penyandang disabilitas.

“Saya minta rumput, lintasan atletik, kursi, dan fasade-nya juga diperbaiki, sehingga memberi jaminan keselamatan, keamanan, kemudahan, dan kenyamanan yang baik bagi para atlet maupun penonton,” ujar Basuki.