Peracik Kopi Nusantara Bakal Mengikuti Muktamar Kopi Pesantren di Ponpes Genggong

Puluhan perajin dan peracik kopi se-nusantara, bakal menyajikan kopi terbaiknya di festival kopi bertajuk ‘Muktamar Kopi Pesantren-Art Exhibition’. Muktamar Kopi tersebut, akan di gelar selama dua hari penuh, Sabtu-Minggu 25 -26 Januari 2020, di Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo Jawa Timur.


Ketua Panitia Muktamar Kopi Pesantren, Intan Cahya Kurniasari mengatakan, muktamar kopi tersebut, merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia. Bahkan dalam Muktamar itu, akan terkonsep dalam seminar, bedah buku kopi, bazar hingga lomba seduh kopi tubruk.

“Mengapa harus kopi? Kebetulan komunitas petani kopi di Kabupaten Probolinggo ini lumayan banyak, dan sekarang lagi booming komunitas kopi. Sehingga perlu adanya pencerahan dan informasi bagaimana cara bertani kopi yg benar,” kata Ketua Panitia Muktamar Kopi Pesantren, Intan Cahya Kurniasari, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum’at (24/01) malam.

Menurut Intan, Muktamar Kopi Pesantren tersebut, akan mengupas permasalahan tentang kopi mulai dari hulu hingga hilir. Diantaranya tips menjaga kualitas hasil panen kopi serta cara mengatasi hama dan penyakit tanaman kopi.

“Juga bagaimana meningkatkan produktifitas hasil tanaman kopi dan sebagainya. Komunitas santri di Indonesia kan juga banyak sehingga acara ini bisa menjadi pangsa pasar yang cukup efektif,” tuturnya.

Intan yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Probolinggo ini menyebutkan, Muktamar Kopi Pesantren merupakan rangkaian ‘Ngaji Tani Akbar dan Munas Santri Tani Nusantara’ yang digelar dalam waktu bersamaan.

“Tujuannya, agar selama pelaksanaan Ngaji Tani Akbar yang sangat padat, bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya ya muktamar kopi ini,” ia menjelaskan.