China Isolasi Kota Di Pesisir Timur, Korban Virus Corona Capai 17.200

Hingga kini korban terinfeksi virus Novel Corona, 2019-nCoV mencapai 17.200. Hal ini seiring dengan adanya 2.829 kasus baru. Sedangkan untuk angka kematian, di daratan China sudah mencapai 361 orang.

Menurut Komisi Kesehatan Nasional China pada Senin (3/2), seperti dimuat Channel News Asia, makin banyaknya korban yang berjatuhan, pemerintah kini mengisolasi Wenzhou, sebuah kota yang berjarak 800 km dari Wuhan dan berada di Provinsi Zhejian. Kota pesisir timur ini hanya diselingi oleh Selat Taiwan untuk sampai ke Taipei.

Isolasi dilakukan pada Minggu (2/2) atau sekitar 10 hari setelah pemerintah mengisolasi Wuhan dengan menutup jalan dan membatasi akses para warga ke luar rumah.


Hanya satu orang per rumah yang diizinkan keluar setiap dua hari untuk membeli kebutuhan. Tak hanya itu, 46 stasiun pun ditutup.

Wenzhou yang sebelumnya dikenal sebagai kota metropolitan dengan bioskop, museum, dan berbagai transportasi umum, kini seperti kota mati.

Menurut pemerintah, kota dengan penduduk 9 juta orang ini memiliki 265 korban yang positif terinfeksi. Sementara Provinsi Zhejiang sendiri memiliki 661 korban positif.

Angka ini adalah tertinggi setelah Provinsi Hubei, tempat virus pertama kali ditemukan. Bukan hanya kota dan provinsi, akses di China daratan pun sudah diisolasi oleh dunia internasional. Mongolia, Rusia, dan Nepal telah menutup perbatasan daratan dengan China. Amerika Serikat, Indonesia, Australia, Selandia Baru, dan Israel juga telah menutup akses dari dan menuju China.