Sering Kumpulkan Massa, Bupati Banyuwangi Disindir Manfaatkan Pandemi Covid-19 Untuk Pilkada

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kembali dikritik karena seringnya mengumpulkan massa di tengah pandemi Covid-19.


Hal ini diutarakan Danu Budiyono, aktivis Sosial Politik Banyuwangi pada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (16/5).

Danu mencontohkan beberapa hari lalu di Kecamatan Glenmor dan Tegalsari dilakukan pembagian sembako, masker dan buka bersama oleh bupati.

Kemudian pada hari ini, Sabtu (16/5) di Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Kabat ada sosialisai bantuan Forpimda, tokoh masyarakat dan steakholder terkait.

“Semua acara itu menghadirkan bupati. Menurut saya, setiap acara tidak harus dihadiri bupati, dan tidak harus semua mengundang menghadirkan orang banyak, walau tetap memakai jarak (social standing),” tutur Danu.

Pemerintah sendiri selama ini menghimbau masyarakat untuk melakukan social standing atau physical distancing sebagai upaya penyebaran virus corona di Indonesia. Tapi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kesannya acuh. "Apakah karena bupati itu Ketua Gugus Tugas Covid-19. Sehingga boleh mengumpulkan massa, walau pakai jarak atau social standing," sindir Danu.

Danu juga menyayangkan langkah Bupati Banyuwangi yang mengabaikan maklumat Kapolri. Dalam Maklumat Kapolri bernomor Mak/2/III/2020 pada 19 Maret 2020 menginstruksikan untuk mengerahkan pasukannya guna menindaklanjuti arahan presiden Jokowi.

“Saya mengkritik keras atas langkah bupati anas ini, mengingat kalau melihat undangan dan acaranya juga gak penting penting banget. Apalagi kegiatan-kegiatan buka bersama di pendopo, sekali lagi urgensinya juga dipertanyakan, kecuali memang ada kepentingan politik” kritiknya.

Sementara Ketua Fraksi Gerinda DPRD Banyuwangi, Naufal Badri menilai sikap bupati ini tidak seperti Ketua Gugus Tugas Covid-19. Melainkan terkesan memanfaatkan pandemik untuk kepentingan politiknya, dalam hal ini bisa jadi untuk Pilkada nanti karena istrinya juga mau nyalon.

“Sepertinya bupati panik, mau memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk Pilkada Banyuwangi yang akan datang,” urai Naufal.

Terkait dengan pembagian baksos, lanjut Naufal, bupati tidak harus turun sendiri. “Kan bisa bawahannya yang melakukan, bupati tinggal memantau saja. Tidak harus mengumpulkan massa,” tutupnya.