Sebagai Role Model Tangani Corona, Bupati Ngawi Launching Kampung Tangguh

Bupati Ngawi Budi Sulistyono (Kanang) melakukan launching Kampung Tangguh Semeru Tanggap Covid-19 di Desa Dawu, Kecamatan Paron, Sabtu, (6/6).


Kanang menilai dengan kampung tangguh sebagai satu upaya masif untuk memerangi penyebaran Covid-19. 

Sebab pendirian kampung tangguh tanggap dibangun atas semangat gotong royong dan mengedepankan partisipasi masyarakat.

Dengan demikian, penyebaran virus membahayakan tersebut dicegah dengan semangat kebersamaan masyarakat dari klaster terbawah yakni desa.

"Kampung tanggung sangat sentral untuk memerangi dari wabah virus corona. Didalamnya semua elemen masyarakat desa dilibatkan dan di Desa Dawu ini sebagai role model untuk desa lainya," ujarnya.

Di tempat yang sama Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto menekankan, keberadaan Kampung Tangguh Semeru Tanggap Covid-19 merupakan inisiasi Kapolda Jatim Irjen Muhamad Fadil Imran. Di mana, keberadaan kampung tangguh salah satunya untuk tracing dan testing lebih mudah karena ada dukungan dari masyarakat.

"Kampung tangguh dibangun sesuai konsep kemandirian mencegah dari sebaran virus corona. Didalamnya ada posko tingkat desa dan gudang logistik sembako peruntukannya untuk menangani dari pandemi ini atas rasa gotong royong," jelas Dicky.

Ia menargetkan, setiap kecamatan harus ada kampung tangguh tentunya menyebar di 213 desa dari 19 kecamatan dan bisa mereplikasi seperti di Desa Dawu.

Kampung tangguh bukan hanya untuk menghadapi ancaman penyebaran Covid-19 akan  tetapi juga untuk menghadapi semua persoalan sosial lainnya, seperti masalah keamanan, kesejahteraan atau masalah ketenagakerjaan.