Pemohon Berjubel, Dispendukcapil Ngawi Tidak Sediakan Pengukur Suhu Badan

Jumlah pemohon administrasi kependudukan (Adminduk) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ngawi membludak.


Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, Senin (8/6), terlihat ratusan pemohon harus rela antri di luar kantor sambil menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan.

Sayangnya tidak ada satupun petugas memeriksa suhu badan para pemohon ketika memasuki kantor. Hanya saja mereka diwajibkan memakai masker dan cuci tangan dengan sabun cuci yang disediakan petugas.

Salah satu petugas menyebut, pemohon yang diperbolehkan masuk setelah berhasil melakukan registrasi secara online.

"Sebelumnya mereka para pemohon harus registrasi melalui online. Ketika sudah fight atau final data sesuai yang dibutuhkan mereka bisa mendapatkan pelayanan sesuai yang dibutuhkan," kata salah satu petugas, Senin (8/6).

Untuk layanan online, jelasnya, pemohon bisa mengunjungi situs yang sudah disediakan yakni http//siak.ngawikab.go.id. Sedangkan untuk update data bisa melihat situs http//dispenduk.ngawikab.go.id.

Dijelaskan juga bagi pemohon Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran bisa registrasi dan mengisi form melalui online. Setelahnya bisa mencetak sendiri dengan kertas A4 80 gram.

Terpisah, Kepala Dispendukcapil Ngawi, Sugeng via selular menerangkan, pelayanan Adminduk untuk saat ini memang bisa dilakukan secara online dan offline.

Hanya saja untuk e-KTP pemohon harus mendatangi kantor kecuali KK maupun Akte Kelahiran. Meski demikian apabila untuk kebutuhan darurat seperti kepengurusan BPJS maupun bantuan sosial pemohon bisa langsung ke kantor pelayanan.

Sedangkan penerapan physical distancing maupun jaga jarak sosial pencegahan Covid-19 urai Sugeng, telah menerapkan sesuai SOP kesehatan.

Dengan alasan itu pihaknya sengaja menerapkan antrean pemohon diluar kantor pelayanan. Terkait pengukur suhu badan memang baru pengadaan barang secara online

"Untuk pengukur suhu badan nanti sore sudah datang. Kita sudah pesan alatnya secara online," pungkasnya.