Penjahit Positif Covid-19, Pasar Pahing Kota Kediri Ditutup Tiga Hari

Pasar Pahing Kota Kediri ditutup selama 3 hari. Penutupan ini dilakukan sebagai upaya sterilisasi lantaran salah satu pedagang terpapar Covid-19.


Kabarnya salah satu pedagang yang berusia 68 tahun ke atas tersebut kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Selama penutupan tidak ada satu pun pedagang yang diijinkan untuk membuka lapaknya. 

Dikatakan Bu Tris, salah satu pedagang sembako Pasar Pahing Kota Kediri, pihaknya sudah diberitahu tukang tarik karcis dari pihak PD Pasar agar besok tidak berjualan dulu sementara waktu hingga tiga hari ke depan. 

"Kalau pertokoan yang beri tahu tukang narik karcis, rencananya tiga hari ditutup. Jadi besok saya mulai tidak berjualan. Rencananya ada pedagang yang berjualan diluar," kata Bu Tris pada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (10/7) kemarin.

Bu Tris menjelaskan pedagang yang terkonfirmasi positif kesehariannya berprofesi sebagai penjahit. Yang bersangkutan membuka lapak di sana dan selama 7 hari meliburkan diri. Kabar terakhir menyebutkan jika bersangkutan kini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit.

Bahkan perkembangan informasi terakhir menyebutkan, jika sejumlah pedagang yang lapaknya berdekatan dengan orang yang bersangkutan sekarang sudah di-rapid test.

Sementara itu Dr Fauzan Adima selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri ketika dikonfirmasi membenarkan prihal penutupan sementara Pasar Pahing. 

"Ya betul, saat ini yang positif baru satu. Penutupan pasar sesuai dengan surat yang di PD Pasar, sampai hari Minggu selama 3 hari," ujarnya.

Selama penutupan tiga hari, dilaksanaka sterilisasi, dibersihkan virusnya agar tidak menular ke lainnya. Ia menggap salah satu karakter sifat virus Covid-19 bisa menempel pada suatu benda.

"Kita tidak tahu menempelnya dimana, maka kita semprot selama 3 hari itu. Nanti hari Senin sudah dibuka lagi tapi mungkin diperketat protokol kesehatannya," paparnya. 

Strelisasi penyemprotan dilakukan dengan cairan disinfektan. Selama penutupan, nantinya pasar akan dijaga Satpol PP dan petugas PD Pasar.