Jalur Blitar Selatan akan Dibangun, Ini Total Anggarannya

Khusna Lindarti/RMOLJatim
Khusna Lindarti/RMOLJatim

Jalur di Blitar selatan akan dibangun untuk meningkatkan perekonomian daerah. Ada dua ruas jalan di Blitar selatan yang akan dibangun, yakni jalan yang menghubungkan Jalan Raya Brongkos hingga ke Kecamatan Wates dan jalan Kecamatan Kademangan hingga Pantai  Tambakrejo. 


"Kedua jalur ini nantinya akan menghubungkan jalur nasional dengan jalur lintas selatan (JLS). "Pembangunan ini untuk peningkatan perekonomian daerah, khususnya Blitar selatan," ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti melalui sambungan selular pada awak media seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (30/9). 

Khusna menjelaskan, bahwa untuk pembangunan kedua jalur jalan ini, Pemerintah Kabupaten Blitar menganggarkan Rp 150 miliar. Meski demikian, anggaran ini didapatkan dari pinjaman dari pemerintah pusat. Saat ini Pemkab Blitar masih mengajukan pinjaman ke Kementerian Keuangan (Kemenku). 

Pemkab Blitar mengajukan pinjaman untuk program ke Kemenku melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Ini dilakukan setelah cara reguler sudah tidak dapat dilakukan, sebab pada kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Platfon Anggaran Sementara (PPAS) 2021 lalu ditolak oleh dewan.