Cawabup Banyuwangi Dari Paslon 2 Belum Mundur Dari Kursi DPRD, Malah Aktif Kampanye

Ipuk-Sugirah saat memamerkan nomor urut Paslon di Pilbup Banyuwangi/RMOLJatim
Ipuk-Sugirah saat memamerkan nomor urut Paslon di Pilbup Banyuwangi/RMOLJatim

Calon Wakil Bupati dari Pasangan Calon nomor urut 2, Sugirah ternyata belum resmi mundur dari jabatan anggota DPRD Banyuwangi. Namun pendamping Ipuk Festiandani Azwar Anas itu terpantau aktif kampanye.


Hal itu dilontarkan Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa yang menyatakan bahwa meski telah ditetapkan KPU, Paslon pendamping Calon Bupati Ipuk Festiandani Azwar Anas, Sugirah belum final proses Pergantian Antar Waktu (PAW)-nya sebagai anggota dewan. 

"Yang mengajukan adalah Sekretaris DPRD Banyuwangi ke KPU. Dan terkait pengganti PAW Sugirah, kami belum menerima surat dari Sekretaris DPRD Banyuwangi," lontar Ari seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (2/10).

Sesuai pasal 9 ayat 1, Peraturan KPU nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas PKPU No 6 Tahun 2017 terkait PAW bahwa, calon pengganti adalah yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya dalam perolehan suara partai politik pada daerah pemilihan yang sama.

"Peroleh suara terbanyak berikutnya di partai itu dan di Dapil itu," tegasnya.

Menyikapi salah satu paslon yang masih dalam proses pengunduran diri Sugirah (Cawabup dari Paslon 2) yang belum diajukan oleh Sekretaris DPRD Banyuwangi kepada KPU, namun sudah aktif berkampanye, Bawaslu Banyuwangi mengaku telah berkirim surat.

"Kami sudah berkirim surat yang berisi imbauan kepada KPU untuk segera memprosesnya dan kepada Paslon," kata Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Adrian Yansen Pale.

"Terkait paslon tersebut ikut kampanye tapi proses PAW belum selesai kami akan melakukan kajian apakah hal itu masuk kategori pelanggaran atau tidak," tambahnya.

Di DPRD Banyuwangi, nama Sugirah masih terpampang bersama 49 anggota legislatif lainnya. Ia tercatat sebagai anggota Badan Musyawarah.

Di Pilkada serentak tahun 2020, KPU Banyuwangi telah menetapkan pasangan calon Yusuf Widyatmoko dengan Muhammad Riza Aziziy dan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dengan Sugirah sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi.