Di Hadapan Paslon OK, Emil Bicara Legitimasi Politik Pilkada

Emil Dardak saat konsolidasi internal Partai Demokrat / RMOLJatim
Emil Dardak saat konsolidasi internal Partai Demokrat / RMOLJatim

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak tidak menampik tantangan partai politik menjelang Pilkada adalah membangun legitimasi politik. 


Pernyataan sikap itu disampaikan saat menghadiri konsolidasi internal Partai Demokrat dalam mendorong suksesnya pasangan calon Ony Anwar - Dwi Rianto Jatmiko (OK) di Pilkada Ngawi 2020.

"Sekarang tantangan politik tidak lain membangun legitimasi. Bahwasanya di hari akhir nanti penentuan pemilu ini juga suara yang dihasilkan akan semakin besar," ungkap Emil Dardak Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (24/10).

Kata Emil di hadapan paslon OK, menguatnya legitimasi saat penjaringan calon merupakan nilai plus dari kehadiran calon yang diusung. Termasuk penyaluran aspirasi konstituen dari partai politik khususnya Partai Demokrat untuk OK.

Pesan Emil, Pilkada Ngawi harus melahirkan proses demokrasi yang berkualitas. Meski keberadaan OK sebagai paslon tunggal bukan berati diasumsikan matinya proses demokrasi itu sendiri. Justru sebaliknya, Emil yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur ini melihat proses penjaringan paslon yang dilakukan KPU cukup terbuka dan transparan.

"Saat konsolidasi tadi bukan kampanye saya meminta bagaimana demokrasi ini berkualitas. Walaupun di Ngawi paslonnya cuma satu bukan berati tidak ada demokrasi," terangnya.

Pilkada Ngawi tegas Emil, jika dikaitkan dengan OK sebagai paslon tunggal merupakan output proses demokrasi yang berjalan. Mengingat sebelumnya, KPU telah membuka penjaringan melalui dua kanal. Baik jalur perseorangan maupun melalui partai politik. 

Dan pada akhirnya semua pihak merasa nyaman dengan kehadiran OK dan itu didasari semangat guyup rukun untuk membangun Ngawi kedepan. Pun, keberadaan OK harus lebih berinovasi secara solid dan lebih mengakselerasi lagi program pembangunan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. 

Kalimat senada yang dikutip Kantor Berita RMOLJatim dari Isnaini Widodo Ketua DPC Partai Demokrat Ngawi, meminta seluruh kader serta pengurusnya sampai tingkatan ranting untuk memastikan pemilih hadir di TPS terdekat. Sikap Partai Demokrat mengusung paslon OK adalah sikap politik yang final.