Puluhan Wartawan Di Kota Probolinggo Jalani Vaksinasi

Rahmad Soleh Salah Satu Wartawan Penyintas Saat Menjalani Vaksinasi
Rahmad Soleh Salah Satu Wartawan Penyintas Saat Menjalani Vaksinasi

Puluhan Wartawan di Kota Probolinggo mulai divaksin covid-19. Wartawan di Kota Probolinggo masuk dalam prioritas Vaksinasi disebabkan termasuk dalam pejabat pelayanan publik, ada dua wartawan yang masuk penyintas juga tak luput divaksin.


Sekitar 38 wartawan yang menjalani vaksinasi di Klinik Pratama Polresta Probolinggo, jalan dr. Saleh. Dua di antaranya, adalah penyintas, yakni Rahmad Soleh dan Happy Lailatuansyah, jurnalis media ini.

Happy dinyatakan positif covid-19 pada desember 2020 lalu. Berdasarkan hasil tes PCR yang dilakukan pada 11 Desember. Sedangkan Rahmad, positif covid19 pada Oktober 2020.

“Pada saat screening, saya sempat dinyatakan tidak dapat divaksin, lantaran dari masa terpapar covid19 sampai saat ini, kurang dari tiga bulan,” kata Happy, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (24/2). 

Namun setelah tim medis koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, dirinya dinyatakan bisa divaksin. Begitu pula yang dialami Rahmad Soleh. Yang juga sempat dinyatakan tidak bisa divaksin. Karena sudah tertular sebelumnya dan sembuh.

Dua jurnalis dari media online dan elektronik, Ikhsan Mahmudi dan Rudi Ulhaq, juga harus ditunda vaksinasinya. Lantaran saat skrinning, tekanan darahnya tinggi. Sehingga harus istirahat dan ditunda.

N.H. Hidayati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo menyebutkan, vaksinasi tahap kedua ini memang fokus pada pejabat publik. Mulai dari Satpol PP, Polisi, TNI serta Wartawan.

“Kendati sudah divaksin, tetap harus taat protokol Kesehatan. Memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan,” ujar wanita yang akrab disapa Ida ini.

Dari vaksinasi tersebut, puluhan wartawan harus menjalani penyuntikan vaksin lagi dua pekan berikutnya. Untuk memberikan antibody sempurna, dari vaksin yang disuntikkan. Sejauh ini, tren kasus konfirmasi positif di Kota Probolinggo cenderung mengalami penurunan.

Vaksinasi yang dilakukan, diharapkan bisa menjadi jalan keluar dari pandemi covid-19. Yang sudah berlangsung sejak setahun terakhir. Sehingga kehidupan kembali normal.