100 Hari Kerja, Bupati Yuhronur Fokus Garap UMKM

Bupati Lamongan Yuhronur Effendi bersama Kadin Lamongan mengunjungi gerai UMKM/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Effendi bersama Kadin Lamongan mengunjungi gerai UMKM/RMOLJatim

Dampak Covid-19 telah melumpuhkan sektor perekonomian, terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Faktor inilah yang mendorong Bupati Lamongan Yuhronur Effendi tancap Gas  pada awal masa jabatannya untuk fokus pada pemulihan ekonomi dan bangkitnya gairah UMKM lokal.

“Pada 100 hari kerja pertama. Dari beberapa program yang telah kami canangkan, salah satunya fokus pada kebangkitan UMKM,” kata Yuhronur, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim saat Mukab Kadin (Musyawarah Kabupaten Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Lamongan di Grand Mahkota Hotel, Rabu (03/03)

Yuhronur mengungkapkan, dengan dicanangkannya 'Ayo Beli Produk Lamongan' akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi mulai level terbawah. Karena menurutnya banyak sekali UMKM yang tidak dapat berproduksi kembali, jika ada yang dapat produksi tapi tidak dapat menjualnya.

“Ayo beli produk Lamongan, tuku peyek, tuku tape, gethuk, beli tas anyaman yang penting produk lokal. Saya yakin mereka (penjual) sangat senang,” serunya.

Menurut Yuhronur, kehadiran Kadin sebagai mitra Pemkab Lamongan  diharapkan turut menggerakkan geliat ekonomi lokal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan lahir dan batin.

“Kesetiaan Kadin sangat kami harapkan dalam menjalankan program-program maupun tujuan akhir untuk bisa tercipta kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Sedangkan, Ketua Kadin Lamongan Ismed Jauhari mengaku akan bersinergi, berkolaborasi mendukung Pemkab untuk mencapai tujuan kebangkitan UMKM lokal.

“Kehadiran Kadin tidak hanya di Kota tapi juga sampai ke pelosok, sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa terserap, terbeli dan dipasarkan tidak hanya untuk di lingkup setempat, tapi juga bisa ke luar wilayah,” ujar Ismed seraya menegaskan Kadin Lamongan siap mendukung Bupati Lamongan Yuhronur Effendi memulihkan ekonomi dan membangkitkan gairah UMKM lokal.