Kabar Kongres PSSI Kota Malang Digelar 10 Maret, Ketua Komite Pemilihan: Belum Pasti

Surat Keputusan Ketua Komite Pemilihan/ Ist
Surat Keputusan Ketua Komite Pemilihan/ Ist

Beredar kabar Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Malang, akan melakukan Kongres pada 10 Maret 2021 untuk pelaksanaan agenda pemilihan Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif Periode 2021-2025.


Bahkan, Ketua Umum Asosiasi PSSI Kota Malang, Haris Thofly sudah menetapkan Komite Pemilihan dalam Kongres tersebut. Hal itu tertuang melalui surat keputusan tertanggal 31 Januari 2021 yang disertai stempel dan tanda tangan atas nama Ketua yaitu Haris Thofly.

Dari surat keputusan itu, telah ditetapkan Heru Sugiri menjadi Ketua Komite Pemilihan Kongres PSSI Kota Malang Tahun 2021 dan dua anggota yaitu Hifreri Laksana Ugama dan Supaat. Sedangkan Komite Banding ada 3 orang, yaitu Harianto, Soepardjono dan Christia Ariando.

Namun, Heru Sugiri ketika dikonfirmasi tidak banyak komentar dan hanya mengatakan, bahwa kongres itu belum pasti dan bisa berubah.

"Belum ada kepastian, nanti kalau sudah fiks saya akan beritahu. Nantikan itu bisa berubah. Pokoknya nanti kalau sudah fiks, saya akan menjawab," ungkap Heru Sugiri, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat memberikan kepada media melalui ponselnya,  Rabu (03/03)

Padahal, berdasarkan informasi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim,  Ketua Komite Pemilihan, Heru Sugiri sudah memutuskan dan menetapkan daftar calon sementara Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif PSSI Kota Malang pada tanggal 1 Maret 2021 melalui berkas berjudul "Surat Keputusan Komite Pemilihan" yang disertai stempel dan tanda tangan atas nama Drs. Heru Sugiri.

Yang mana, dalam berkas itu ada lampiran No. Surat: SKEP/006/III/2021 tertera Nama Daftar 2 orang Calon Ketua dengan keterangan lolos verifikasi dokumen persyaratan, 2 orang Calon Wakil Ketua dinyatakan lolos, 10 orang Calon Anggota Komite Eksekutif dinyatakan lolos dan 2 lainnya tidak lolos.

Tak hanya itu, Kantor Berita RMOLJatim juga mendapatkan file berupa pdf, perihal surat pemberitahuan kongres dari Asosiasi PSSI Kota Malang yang ditujukan kepada Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Jawa Timur bertuliskan.

" Berdasarkan hasil keputusan rapat Eksekutif Committee Asskot PSSI Kota Malang pada tanggal 21 Januari 2021, telah diputuskan bahwa penyelenggaraan Kongres PSSI kota Malang ditetapkan pada tanggal 10 Maret 2021, sehubungan dengan hal tersebut di atas, berdasarkan pasal 18 Statuta PSSI Kota Malang edisi tahun 2014, kami memberitahukan sekaligus melaporkan mengenai rencana kongres tersebut kepada Assprov PSSI Jatim".

Selain itu, dalam file itu diketahui ada beberapa  tahapan pelaksanaan kongres dimaksud. Diantaranya kegiatan itu adalah sosialisasi kepada klub anggota pada 22 Januari 2021. Pendaftaran Bakal Calon Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif pada 13 sampai dengan 23 Februari 2021. Verifikasi dokumen persyaratan para Bakal Calon Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif pada 24 sampai dengan 25 Februari 2021.

Sedangkan untuk batas waktu perbaikan dan melengkapi dokumen persyaratan yang kurang pada 26 sampai dengan 27 Februari 2021. Pengumuman bakal calon Ketua, Wakil, dan Anggota Komite Eksekutif pada 1 Maret 2021. Masa pengajuan banding pada 3 Maret 2021. Penyampaian Daftar Calon Tetap Ketua, Wakil Ketua, dan Komite Eksekutif PSSI Kota Malang kepada Pemilih pada 5 Maret 2021. Dan Kongres Pemilihan PSSI Kota Malang 2021 pada 10 Maret 2021.

Dalam surat perihal pemberitahuan tersebut, tertuliskan tanggal 22 Januari 2021, dilengkapi stempel berlogo Asosiasi PSSI Kota Malang, dengan tanda tangan atas nama Haris Thofly.