Viral, Ketua DPRD Jember Baca Talqin

Ketua DPRD Jember, M. Itqon Syauqi saat membaca talqin/RMOLJatim
Ketua DPRD Jember, M. Itqon Syauqi saat membaca talqin/RMOLJatim

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas Sebagai anggota Dewan, Ketua DPRD Jember, M. Itqon Syauqi tidak menolak saat diminta membaca talqin untuk warganya yang meninggal dunia. 


Talqin adalah mengajar dan mengingatkan kembali kepada mayit (orang meninggal dunia) yang baru saja dikubur dengan kalimat-kalimat tertentu.

Seperti yang dilakukan saat dia takziyah ke salah seorang tetangganya yang biasa sapa pak Dul (65), warga Desa Glagahwero, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (11/3).  

Sebagai tokoh masyarakat dan sekaligus salah satu pengasuh pondok pesantren, seperti warga kebanyakan, dia juga hadir takziyah hingga acara penguburan jenazah. 

Menurut Pengasuh pondok pesantren Al-Huda Glagah wero Kalisat Jember, KH Abdurrahman Aljambuani, sebagai tokoh masyarakat, dia bisa membagi waktu sebagai anggota Dewan dan sebagai tokoh masyarakat. Dia tidak melulu hanya melaksanakan tugas fungsinya sebagai anggota dewan, seperti legislasi (membuat peraturan), budgeting (membuat anggaran bersama kepala daerah) dan monitoring (pengawasan). Tapi juga berkenan membacakan talqin begitu diminta warganya.

"Warga senang, karena yang membacakan talqin adalah ketua DPRD Jember," ujar pria yang biasa dipanggil Kyai Aljambuani kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Ditambahkan Kyai Aljambuani, sebagai orang NU M. Itqon Syauqi tidak hanya mementingkan persoalan dunia, tapi juga mementingkan kehidupan akhirat. Menurutnya, baru kali ini ada ketua DPRD Jember yang mau baca talqin saat ikut takziyah.

"Yang baca talqin ketua DPR," ujar pria berjenggot bangga.

Sementara Ketua DPRD Jember, M. Itqon Syauqi menjelaskan membaca talqin sudah biasa dilakukannya sejak ia menjadi santri. Apalagi ia berasal dari keluar besar pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman glagahwero Kalisat.

"Sudah kebiasaan saya sejak lama karena diminta warga," ujar pria yang baru terpilih menjadi skretaris DPC PKB Jember mendampingi Ketua DPC PKB Ayub Junaidi, yang terpilih hari Minggu (7/3) lalu.