Kunker DiJombang, Mentan: Pertanian Tidak Pernah Ingkar Janji

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat kunker di Jombang/RMOLJatim
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat kunker di Jombang/RMOLJatim

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berpesan terhadap Pemerintah Kabupaten Jombang supaya terus membenahi sektor pertanian. Hal itu disampaikan Mentan RI dalam kunjungannya di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Sabtu (27/3).


"Kalau suatu daerah ingin maju, maka pedulikan dan benahi sektor pertaniannya, karena pertanian tidak pernah ingkar janji," kata Syahrul 

Politisi Nasdem ini mengatakan, pertanian tidak pernah ingkar janji dikarenakan jika dirawat dengan baik pasti menghasilkan sesuatu yang baik pula. 

Pertanian merupakan sumber kehidupan dan penopang ekonomi rakyat.Fokuslah dan perhatikan pertanian dengan baik, maka sejahterahlah rakyat," sambung Syahrul.

Sementara terkait harga gabah, Mentan RI berpendapat, turunnya harga gabah saat ini sudah menjadi suatu hal yang wajar dalam ilmu ekonomi. Jika barang yang tersedia banyak dan konsumen tetap maka harga akan turun dan sebaliknya harga akan naik jika barang sudah langka dan konsumen tetap.

"Untuk itu petani bisa menyimpan hasil panen terlebih dahulu. Karena padi ini kebutuhan pokok dan akan selalu dicari orang. Jadi petani tidak usah khawatir jika harga sedang turun," bebernya.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menegaskan, pertanian dan petani adalah ujung tombak kesejahteraan masyarakat Indonesia. Jika suatu daerah ingin maju, maka pedulikan dan benahi sektor pertaniannya.

"Pemerintah berkomitmen selalu bersama masyarakat kecil terutama petani. Presiden RI, Joko Widodo juga telah menegaskan tidak akan impor beras dalam waktu dekat ini. Sesuai dengan aspirasi petani diberbagai daerah," pungkasnya.

Dalam kunker tersebut, Mentan di dampingi Anggota DPR RI Komisi IV Emma Ummiyatul Chusna dan jajaran Kementrian Pertanian, juga Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, dan jajaran Forkopimda Jombang.