Bikin Data Kemiskinan Valid, Gus Muhdlor Janjikan Kenaikan Gaji Bagi Pekerja Sosial

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat memberikan sambutan/RMOLJatim
Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat memberikan sambutan/RMOLJatim

Ratusan orang pekerja sosial di Sidoarjo ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas SDM yang digelar Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo di Hotel Tretes View Prigen Pasuruan. Dihari terakhir pelaksanaanya ditutup oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali S.IP, Rabu (31/3).


Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor mengatakan seseorang wajib meningkatkan SDM nya. Kalau ingin dihargai ucap Gus Muhdlor, maka seseorang wajib mengupgrade dirinya. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan seperti ini. 

"Kalau mau dihargai upgrade diri anda, ikut semua peningkatan SDM, pasti sampean dicari orang," ucapnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Gus Muhdlor juga berpesan kepada tenaga sosial untuk saling bekerjasama. Dimintanya tidak ada ego sektoral antar pekerja sosial yang ada. Keempat lembaga sosial seperti TKSK, SLRT, Pendamping PKH maupun Tagana yang mengikuti kegiatan Bimtek kali ini diminta saling kerjasama. 

"Saya harapkan tidak ada ego sektoral, bisa bekerjasama dengan baik ke empat lembaga ini untuk bisa mensejahterakan masyarakat Sidoarjo," pesannya.

Gus Muhdlor menambahkan, seluruh tenaga sosial yang ada hendaknya dapat berjalan bersama. Menurutnya, berjalan sendiri tidak akan sekuat berjalan bersama. Untuk itu, keempat lembaga sosial dapat berjalan beriringan bahu membahu menciptakan masyarakat Sidoarjo yang lebih sejahtera.

"Saya harapkan ke empat ini bisa berjalan beriringan, bahu membahu untuk menciptakan Sidoarjo yang lebih sejahtera lagi," harapnya.

Gus Muhdlor secara khusus meminta kepada tenaga SLRT untuk dapat mensajikan data kemiskinan yang valid. Dimintanya data kemiskinan selalu di update. Pasalnya data tersebut sangat penting untuk kesejahteraan sosial. Jangan sampai bantuan sosial tidak tepat sasaran dikarenakan kesalahan data kemiskinan. Untuk itu dirinya akan terus memantau data kemiskinan yang ada.

"Kalau seandainya kemudian datanya bisa valid dan updateing nya kontinyu, naik gaji janji saya,"ucapnya yang disambut tepuk tangan seluruh pekerja sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo Dr. Tirto Adhi. M.Pd mengatakan Bimtek dilaksanakan mulai kemarin tanggal 30 Maret 2021. Hari ini, 31 Maret 2021 terakhir pelaksanaannya. Bimtek diikuti 200 orang dari pekerja sosial dan pegawai Dinas Sosial Sidoarjo.

Dikatakannya, kegiatan yang diselenggarakannya bertujuan untuk meningkatkan sinergitas SDM terutama dalam pengolahan data fakir miskin dan penyaluran bantuan sosial. Melalui sinergitas SDM antar pekerja sosial diharapkan data kemiskinan dapat dipertanggungjawabkan kevalidtannya serta Bansos yang akan disampaikan dapat tepat waktu dan tepat sasaran.

"Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas kinerja atau kompetensi dan integritas pekerja sosial seperti TKSK, SLRT, Pendamping PKH dan Tagana," tandasnya.