Emas Masih Dominasi Jaminan Gadai Di Masa PPKM

Kantor Pegadaian Kota Kediri/RMOLJatim
Kantor Pegadaian Kota Kediri/RMOLJatim

Perhiasan emas masih mendominasi barang yang dimasukkan sebagai jaminan oleh masyarakat ke pegadaian. Pada masa pandemi ini, masyarakat lebih banyak memasukkan aset dalam bentuk perhiasan emas daripada aset lain seperti barang elektronik ataupun kendaraan bermotor. 


Plh Kepala Cabang Pegadaian Kediri Eko Mudji Harijono mengatakan, dibandingkan dengan sebelum pandemi, atau PPKM untuk waktu dekat ini, kecenderungan barang jaminan yang dimasukkan ke pegadaian itu adalah sama, yaitu didominasi oleh perhiasan emas, dan untuk barang-barang lain yang relatif kecil. 

"Masa pandemi dan pemberlakuan PPKM ini, memang emas masih mendominasi sebagai jaminan di pegadaian. Memang emas dari segi harga tinggi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Eko, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (4/8).

Menurut Eko, secara general barang non-emas yang masuk sebagai jaminan tidak mencapai satu persen. Pegadaian Kediri sendiri membawahi 9 unit, yang tersebar baik di kota dan kabupaten Kediri. Untuk nasabah pada masa PPKM ini, mengalami pertumbuhan yang landai,  yakni sekitar 0,53 persen. Pada bulan Juni tercatat 34,474 nasabah, dan pada bulan Juli tercatat 34, 649 nasabah. 

Angka tersebut mewakili 175 nasabah. Pertumbuhannya sangat kecil. Sementara dari segi outstanding low sekitar Rp 21 miliar, pertumbuhannya 11,31 persen, yang Terbilang masih rendah.