Pilkades Di Bondowoso Dikabarkan Ditunda, Ini Bantahan Kadis PMD

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Beredarnya jadwal penundaan Pilkades serentak Bondowoso dibantah oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Jum'at (20/8).


Disampaikan Kepala DPMD Bondowoso, Haeriah Yulianti, jadwal yang terlanjur beredar di berbagai media sosial (medsos) tersebut belum final dan baru sekedar rencana.

" Kemungkinan besar memang ditunda, tetapi jadwal yang beredar itu belum final," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pihaknya kini baru saja melangsungkan rapat kordinasi dengan legislatif terkait surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 141/4251/SJ. Surat tersebut melarang tahapan Pilkades ditengah pandemi yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

" Kami masih mendalami hasil kordinasi tersebut, karena banyak masukan dari legislatif," tambahnya.

Untuk itu, DPMD meminta kepada desa yang akan melangsungkan Pilkades serentak untuk tetap melanjutkan tahapan sesuai jadwal yang lama.

" Sekarang tahap pendaftaran, jadwal masih ikut yang lama," sambungnya.

Selanjutnya, saat jadwal baru selesai akan secara resmi diumumkan kepada seluruh panitia di 171 desa yang menggelar Pilkades serentak.

" Secepatnya kami selesaikan, harap teman-teman tetap kondusif," harapnya.

Haeriah mengakhiri, agar panitia didesa dan warga yang akan mendaftarkan diri dalam pencalonan tersebut tidak terpengaruh.

" Silahkan lanjutkan sebelum ada informasi resmi dari kami," tutupnya.