Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2021, Jember Pamerkan Berbagai Produk Ekonomi Kreatif UMKM 

Bupati Jember Hendy Siswanto saat menghadiri AOE 2021 di Hall A, Jakarta Convention Center (Humas)
Bupati Jember Hendy Siswanto saat menghadiri AOE 2021 di Hall A, Jakarta Convention Center (Humas)

Bupati Jember, Hendy Siswanto, meminta kepada tim yang ditunjuk dalam ajang pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo (AOE) 2021, untuk mengenalkan Jember sebagai daerah penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia.


Demikian ditegaskan saat  mengikuti gelaran Pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) 2021 yang digelar di Hall A, Jakarta Convention Center yang berlangsung mulai 20 - 22 Oktober 2021.

"Selain kopi, kami juga  mengenalkan potensi UMKM dan produk ekonomi kreatif seperti kain batik dan ecoprint bertajuk Jember Nusantara yang dirancang khusus oleh Ibu Ketua TP PKK Jember Kasih Fajarini," ucap Bupati Hendy, dalam keterangan tertulis, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (20/10).

"Bagi saya ini adalah peluang bagi seluruh daerah untuk saling bersinergi dan mengenalkan potensi-potensi yang ada," sambungnya.

Ke depan, Bupati Hendy akan terus mendorong upaya pengenalan dan promosi Jember lewat acara-acara berskala nasional dan internasional. Dia optimis bisa mengejar ketertinggalan yang dialami pada pemerintahan sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, tim Pemkab Jember memamerkan beberapa produk unggulan diantaranya, olahan produk tape, snack, kain ecoprint Jember Nusantara, kopi Robusta, cerutu, handycraft dan produk kreatif lainnya seperti batik dan busana khas Jember.

"Kami sudah menyiapkan produk-produk ekonomi kreatif unggulan untuk dipamerkan, sesuai arahan Bapak Bupati Hendy," kata Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Jember, Ervan Setiawan, yang menjadi stakeholder untuk mengawal stand pameran Kabupaten Jember dalam AOE 2021 ini.

"Kami diminta untuk menyebar semangat kebangkitan ekonomi dengan menggandeng UMKM dan pegiat ekraf dalam kegiatan ini," imbuhnya.

Diketahui, AOE tahun 2021,  mengangkat tema "Daerah Bangkit Indonesia Maju," diikuti oleh Pemkab seluruh Indonesia, beberapa Pemprov Kementerian dan perusahaan swasta. 

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Bogor dan dihadiri oleh bupati seluruh Indonesia.

Dengan tema tersebut,  acara ini diharapkan menjadi instrumen kebangkitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.