Faisol Riza Minta BSN Dongkrak UMKM Naik Kelas

Suasana sosialisasi standarisasi UMKM agar naik kelas/RMOLJatim
Suasana sosialisasi standarisasi UMKM agar naik kelas/RMOLJatim

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dianjurkan untuk mendaftarkan produknya ke Badan Standar Nasional (BSN). Hal itu untuk memudahkan pengembangan produk dan memudahkan pemasaran ke depan.


Hal itu dijelaskan Faisol Riza saat membuka Sosialisasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Pasuruan, Sabtu (23/10).

Dikatakan, pelaku usaha kecil di Indonesia saat ini sangat banyak dan beragam produknya. Agar mereka terus maju dan berkembangan, tentunya dibutuhkan lingkungan usaha yang aman dan sehat.

“Keberadaan BSN salah satunya untuk mendukung keberadaan UMKM. BSN mempunyai beberapa kebijakan yang tujuannya untuk menguatkan keberadaan UMKM,” ujar Faisol Riza melalui tenaga ahlinya, Zainal Arifin, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Oleh karenanya, ia menganjurkan kepada semua pelaku UMKM untuk mendaftarkan produknya ke BSN. Karena, dengan mendaftarkan produk ke BSN akan sangat membantu pengembangan dan pengenalan produk UMKM tersebut.

Dengan mendaftarkan produk ke BSN diharapkan mampu meningkatkan daya saing UMKM yang bersangkutan. Tidak sampai disitu, untuk mengembangkan produk UMKM tentunya dibutuhkan sebuah jaminan untuk meyakinkan konsumen.

“Dengan telah terdaftarnya produk di BSN, akan menjaga kualitas produk UMKM tersebut. Dan menjaga mutu dari sebuah produk tentu akan sangat membantu kepercayaan konsumen,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Standarisasi Nasional, Kukuh S. Achmad menjelaskan, kalau BSN adalah Lembaga negara yang mungkin jarang didengar namanya, tetapi punya peran yang sangat penting.

"Sebagai mitra kerja Komisi VI, BSN merupakan lembaga/badan yang bisa dibilang kecil. Kecil dalam hal jumlah pegawai dan besarnya madal operasional, apalagi jika dibandingkan dengan BUMN seperti Pertamina misalnya," katanya.

Namun keberadaan lembaga yang kecil ini justru punya dampak yang luar biasa, marena pengaruhnya dalam menentukan atmosfir sehat atau tidaknya perdagangan jual beli jasa se Indonesia. 

"Maka BSN ini mempunyai peranan yang sangat strategis sekali untuk pelaku UMKM. BSN ini akan menjadi penjaga gawang mutu bagi produk UMKM kita. Kalau UMKM punya mutu yang berhaga dan bagus, maka dengan sendirinya akan naik terus kelasnya, dari kelas mikro ke kelas kecil, hingga ke kelas menengah," pungkasnya.