Didatangi Faisol Riza, Warga Pulau Gili Probolinggo Keluhkan Pelayanan Kesehatan dan Ingin Tambahan Modal

Warga Pulau Gili Ketapang Probolinggo saat menyambut kedatangan Habib Ali dan Faisol Riza. /RMOLJatim
Warga Pulau Gili Ketapang Probolinggo saat menyambut kedatangan Habib Ali dan Faisol Riza. /RMOLJatim

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza bersama Habil Ali Zainal Abidin Al Habsyi, berlayar ke Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.


Saat tiba di Desa Gili Ketapang, Faisol Riza dan Habib Ali Zainal Abidin mendapat sambutan hangat dari ratusan warga tersebut.

Selain itu, warga di pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo tersebut mengeluhkan adanya fasilitas kesehatan yang tidak memenuhi.

Utamanya, minim pelayanan kesehatan karena hanya ada Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan perawat dan bidan, tidak ada dokter.

 "Mirisnya, kalau ada orang sakit di malam hari dan perlu penanganan segera, kami tidak punya kapal siaga," kata Hasyim, warga setempat.

Menurut dia, kalau desa di tersebut ada Pustu, akan tetapi pelayanannya tidak maksimal. 

Sehingga warga harus merujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Probolinggo untuk mendapat perawatan medis.

Karena itu, lanjut warga, saat ini yang dibutuhkan warga adalah transportasi pelayanan kesehatan untuk membawa warga yang sakit dan dibutuhkan yang cepat.

Kalau misal perjalanan ke Kota Probolinggo 45 menit, nanti kalau ada transportasi yang cepat bisa mencapai 25 menit, sambungnya. 

Kebutuhan transportasi cepat tersebut, tandasnya, tidak setiap hari digunakan, hanya ketika ada warga yang sakit. 

"Kesehatan sekarang ini sudah digratiskan oleh pemerintah, tapi transportasinya ini yang perlu diperhatikan juga," katanya. 

Selain itu, warga mengeluhkan kurangnya infrastruktur bagi warga. Mereka ingin perputaran ekonomi di pulau Gili Ketapang ini juga cukup tinggi.

Sehingga, warga mengharapakan supaya ada pinjaman lunak dari pemerintah untuk warga Pulau Gili.

Merespons keluhan warga, Faisol Riza mengatakan kalau kebutuhan kesehatan atau pelayanan kesehatan saat ini memang menjadi perhatian serius. 

Faisol Riza juga mengungkapkan, memang betul di pulau Gili Ketapang tersebut, hanyalah sebuah desa yang ada di tengah pulau.

"Akan tetapi, warga di pulau Gili Ketapang ini, jumlah warganya yang mencapai 9 ribu lebih. Jadi sudah saatnya memiliki Fasilitas kesehatan sendiri,"jelasnya.

Faisol Riza juga tidak tinggal diam untuk mengawal ke tingkat pemerintah pusat, agar masyarakat Pulau Gili Ketapang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. 

"Nanti kita kawal juga ke pemerintah, agar ini bisa berjalan dengan lancar dan manfaatnya bisa dirasakan masyakarat Pulau Gili Ketapang," ucapnya.

Untuk kebutuhan pinjaman lunak, Faisol Riza secepatnya akan mendatangkan pihak bank yang memiliki program pinjaman lunak.

"Insyallah secepatnya ada yang datang ke pulau Gili ini untuk menjawab kebutuhan warga,"pungkasnya.