Kemenparekraf Terus Dorong Peningkatan Ekonomi UKM

Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) pada Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Medan/RMOLSumut
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) pada Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Medan/RMOLSumut

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong agar para pelaku usaha ekonomi kreatif terus melakukan inovasi dalam menjalankan usaha seiring pademi covid-19.


Menteri Parekraf, Sandiaga Uno mengatakan saat ini pihaknya terus mendorong peningkatan ekonomi para pelaku UKM dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Salah satu kebijakan dalam program ini yakni adanya stimulus bagi para pelaku UKM dengan besaran maksimal hingga Rp 50 juta.

"Ini gerakan terintegrasi pada beberapa sektor perekonomian kreatif yang mendorong penggunaan anak bangsa. Kita dorong promosinya, per UMKM kita guyur 50 juta rupiah, siap??," katanya, dilansir dari Kantor Berita RMOLSumsel, saat berbicara pada Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif, Senin (8/11).

Sandiaga menjelaskan, stimulus dengan maksimal Rp 50 juta tersebut mejadi salah satu program dari pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM keluar dari dampak pandemi covid-19. Ia pun mendorong agar seluruh pelaku UMKM segera mendaftar untuk mendapatkan stimulus tersebut.

"Daftar langsung, nggak pake besok, nggak pake ribet di kemenparekraf RI. Itu per hari ini saya lihat slotnya masih sisa 3 ribu," ungkapnya.

Anggaran stimulus bagi para pelaku UMKM ini menurut Sandiaga Uno akan tersedia hingga akhir tahun. Para pelaku UMKM yang diutamakan dalam program ini yakni para pelaku UMKM dengan produk kuliner dan sejenisnya.