Tom Liwafa Bersama Puluhan Influencer Bertemu Mendag, Bahas Tiktok Shop Untuk Dibuka Lagi

Mendag Zulkifli Hasan bersama Tom Liwafa/ ist
Mendag Zulkifli Hasan bersama Tom Liwafa/ ist

Pengusaha muda Surabaya, Tom Liwafa bersama puluhan pedagang dan afiliator TikTok Shop gelar pertemuan dengan Menteri Perdagangan di kantor Kemendag di Jakarta Pusat, Senin (11/12). 


Pertemuan ini membahas rencana dibukanya kembali TikTok Shop oleh pemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyambut baik rencana Tiktok Shop yang akan dibuka dalam satu dua hari ini. 

Dengan kembali dibukanya Tiktok Shop akan membantu pelaku UMKM untuk menjual produknya. Selama dua bulan ini TikTok Shop ditutup pemerintah karena belum memiliki ijin dan menyalahi regulasi yang ada. 

"Kami diterima audiensi sama Kementerian Perdagangan, dimana kami mewakili para Tiktoker, afiliator, penggiat medsos, yang kemudian apa bila Tiktok Shop ini bisa dibuka segera mungkin," jelas Tom Liwafa. 

Usai pertemuan dengan Menteri Perdagangan, Tom Liwafa mengapresiasi pemerintah yang mendengarkan keluhan pedagang, setelah Tiktok Shop ditutup. 

"Ketika Tiktok Shop dibuka, dampak baiknya lebih banyak dari pada dampak buruknya. Karena sekarang era digital, sehingga orang dari pelosok manapun bisa bersaing tidak hanya orang di kota besar seperti di Tanah Abang, DTC, yang disejahterakan orang di kota besar. Tiktok Shop ini membuka peluang baru bagi afiliator atau seller di luar kota atau luar pulau untuk berkreasi dan berdagang," ungkap Tom Liwafa. 

Menurut Tom Liwafa, Menteri Perdagangan sosok yang melek digitalisasi dan tahu kapabilitas anak muda sekarang. Bahwa semua bisa berkreasi dan berdagang sehingga Mendag sangat mendukung dibukanya Tiktok Shop. Karena Mendag sangat senang dengan dinamika saat ini anak muda bisa mencari uang sendiri dengan cara berjualan di platform digital. 

Dengan kembali dibukanya Tiktok Shop disambut antusias pelaku UMKM dan afiliator yang sebelumnya berjualan melalui Tiktok Shop. 

"Tentu sangat senang, tadi dalam pertemuan juga ada agency yang menaungi belasan ribu pelaku UMKM dari Tiktok Shop karena roda perekonomian akan kembali bangkit," pungkas Tom Liwafa.

Dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan, Tom Liwafa bersama 25 pedagang dan afiliator TikTok Shop yang jika ditotal jumlah pengikutnya mencapai ratusan juta orang. Rencananya Tiktok Shop akan kembali bisa dibuka pada esok hari tanggal 12 Desember 2023. Nantinya Tiktok akan bermitra dengan PT GoTo Gojek Tokopedia TBK ( GOTO). Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia sebagai bagian dari kemitraan strategis. Selain itu, TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.