Indosat Ooredoo Pecahkan Ombak Pandemi Lewat Beragam Inovasi

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Dua belas bulan lebih Bumi Pertiwi dihantam kerasnya Covid-19. Lini ekonomi di berbagai sektor turut terhempas.


Meski demikian, hal itu tak membuat salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia ikut terhempas. Indosat Ooredoo berupaya memecahkan ombak pandemi melalui beragam inovasi.

Dalam menghadapi kerasnya ‘arus’ pandemi, Indosat Ooredoo secara perlahan mulai berevolusi melalui inovasi di berbagai bidang. Bisnis, pendidikan hingga sosial.

Agar langkah kembali tertata,  perusahaan telekomunikasi ini memulai dari internal, perlahan tapi pasti.

Sistem kerja dari rumah  atau WFH (Work From Home). Lambat laun, kinerja yang sempat tersendat mulai bangkit. Indosat Ooredoo pun mulai ‘menyentuh’ pelanggan.

Untuk kembali membangkitkan gairah para pelaku ekonomi, Indosat Ooredoo menghadirkan layanan end-to-end. Mulai dari UMKM hingga large enterprise untuk memastikan mereka dapat bekerja dan melakukan aktivitas dengan baik.

Perusahaan telekomunikasi ini memperkenalkan Hybrid Cloud. Inovasi tersebut untuk memudahkan perusahaan dalam menyimpan data dengan sistem cloud yang lebih efisien yang merupakan pengintegrasian antara dua sistem komputasi data yaitu private cloud dan juga public cloud.

Indosat Ooredoo juga memfasilitasi UMKM dengan berbagai inovasi berbasis digital.

Menghadirkan paket IMPreneur yang memungkinkan para pelaku UMKM mendapatkan kuota besar hingga 320GB dan bisa melakukan sharing kuota ke berbagai lini tim bisnis sampai dengan 20 orang.

Di sektor pendidikan, Indosat Ooredoo berkolaborasi dengan instansi atau institusi pendidikan dan menyediakan layanan internet terjangkau bagi para siswa.

Perusahaan telekomunikasi ini juga berkomitmen untuk terus mendukung setiap langkah yang diambil pemerintah untuk penerapan program PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Indosat Ooredoo terus mengembangkan beberapa program untuk mendukung PJJ. Di antaranya, peningkatan bandwidth sebesar 20%  pada 56 universitas, membuka akses ke lebih dari 200 properti intelektual universitas ternama dan menjalin kerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta, Kementerian Agama RI, serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam penyediaan layanan mobile service dan layanan data edukasi.

Di tingkat sekolah, Indosat Ooredoo telah mendukung program Bantuan Data Internet Agar Seru Belajar Daring (Biar Rajin), yang menyediakan paket data internet gratis untuk 15.609 siswa SD dan SMP di kota Mojokerto.

Untuk melengkapi, Indosat Ooredoo juga menghadirkan paket Pro Freedom Apps untuk partisipasi dalam Kelas Online tanpa khawatir kuota dengan gratis akses ke Cisco Webex, Zoom, dan Microsoft Teams.

Serta paket IMClass yang memungkinkan pelajar bisa memanfaatkan paket pintar sebesar 30GB untuk belajar online dan akses ke platform belajar online terpopuler di Asia Tenggara, RuangGuru, Quipper, Sekolahmu.com dan Rumah Belajar.

Tidak hanya itu, IMClass juga memberikan bebas akses ke lebih dari 300 platform e-Learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia.

Selain kembali menggairahkan lini ekonomi, khususnya para pelaku UMKM dan membangkitkan dunia pendidikan. Indosaat Ooredoo juga 'menyentuh' sektor sosial.

IM3 Ooredoo memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis yang bertugas di lini depan penanganan Covid-19, serta bantuan sembako, dan wastafel portabel ke permukiman warga.

Kegiatan yang menjadi bagian dari kolaborasi antara Indosat Ooredoo dengan BNPB ini berlangsung mulai tanggal 11-20 Mei 2020 dan dilakukan di wilayah Sumatera, Botabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sulawesi.

Guna membantu ketersediaan APD untuk tenaga medis, Indosat Ooredoo memberikan bantuan berupa 3.000 pakaian Hazmat dan pelindung wajah (face shield) ke 300 Puskesmas Rujukan penanganan Covid-19 yang tersebar di lima regional di Indonesia.

Dan bagi masyarakat yang membutuhkan, bantuan berupa 10 ribu paket sembako dan masker kain dibagikan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, instalasi 100 wastafel portabel dengan sabun pun langsung di tempatkan di masing-masing area permukiman warga.

Bersamaan dengan itu, Indosat Ooredoo juga memberikan edukasi mengenai Covid-19, menyebarluaskan kampanye nasional #DiRumahAja dan Physical Distancing, serta sosialiasi pentingnya menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dari pesan suara yang disampaikan melalui mobil keliling.

Indosat Ooredoo juga menyalurkan ribuan paket bantuan program donasi yang terkumpul dari para pelanggan dan karyawannya.

Bertajuk #RamadanBangkitBersama, Indosat Ooredoo mengajak para pelanggan dan karyawan untuk menjadi jembatan kebaikan melalui BenihBaik.com.

Adapun perusahaan menyalurkan donasi yang sudah terkumpul sejak 13 April 2021 hingga 9 Mei 2021, langsung ke masyarakat di 10 kota di seluruh Indonesia yang dianggap membutuhkan.

Hasil donasi tersebut kemudian disalurkan secara langsung kepada mereka yang membutuhkan di wilayah Aceh, Bali, Bogor, Jakarta, Kebumen, Makassar, Mamuju, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Program donasi #RamadanBangkitBersama adalah salah satu bentuk aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo di Fondasi Filantropi.

Dalam program donasi ini, Indosat Ooredoo melipatgandakan setiap donasi yang diberikan lewat platform BenihBaik.com.