Tinjau Korban Erupsi Semeru, Ini Instruksi Kapolri yang Perlu Diperhatikan

Kapolri bersama ibu Ketua Umum Bhayangkari saat meninjau korban erupsi semeru/Ist
Kapolri bersama ibu Ketua Umum Bhayangkari saat meninjau korban erupsi semeru/Ist

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo melihat langsung kondisi korban erupsi Gunung Semeru yang dirawat di RSUD Pasirian Lumajang, Selasa (7/12).


Dalam kesempatan tersebut, Kapolri beserta istri berinteraksi dengan korban dan mendengar langsung proses penanganan dan perawatan dari tim dokter. 

Kapolri menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk memberikan perhatian khusus kepada warga lanjut usia (lansia), ibu hamil dan anak-anak yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru. 

"Anggota Polri harus hadir memberikan layanan yang maksimal. Seluruh kekuatannya untuk menjamin keselamatan dan kesehatan dari warga terdampak bencana awan panas guguran," kata Listyo Sigit, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, hadirnya personil dan seluruh sarana maupun prasarana yang dimiliki polri akan dapat membantu meringankan beban para masyarakat yang menjadi korban bencana alam erupsi tersebut. Hal itu diharapkan mampu menanggulangi bencana secara cepat dan baik serta dapat meringankan beban korban dan dampak bencana alam. 

Sigit menegaskan, TNI-Polri bersama dengan Pemda dan Kementerian terkait harus terus bersinergi memberikan upaya terbaik dalam rangka melakukan mitigasi bencana dengan berupaya maksimal dalam pencarian dan penyelamatan korban serta penyaluran bantuan logistik.

"Situasi ini adalah masa yang sulit bagi kita semua. Namun yakinlah ketika kita bersatu bersama-sama, kita tangguh dan mampu melewati segala tantangan dan hambatan yang ada," tandasnya.