Pemkab Bondowoso Kunjungi dan Bantu Korban Cuaca Buruk Di Tamanan

Bupati Bondowoso saat bantu korban cuaca buruk di Tamanan/RMOLJatim
Bupati Bondowoso saat bantu korban cuaca buruk di Tamanan/RMOLJatim

Sebanyak 76 rumah rusak terdampak cuaca buruk di tiga di kecamatan Tamanan mendapat bantuan Pemkab Bondowoso, Jumat (10/12).


Mayoritas rumah yang terdampak angin kencang dan pohon tumbang mengalami kerusakan pada bagian atap, sebagian lagi mengalami kerusakan cukup parah karena tertimpa pohon berukuran cukup besar.

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin mengatakan pihaknya membantu para korban tersebut sesuai dengan kerusakan yang dialami masing-masing. 

"Sebagian besar kerusakan di bagian atap dan teras," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Untuk material yang diberikan olehnya adalah berupa bahan baku dari kerusakan. Seperti bahan bangunan dan atap asbes untuk teras rumah.

"Karena itu yang paling rentan rusak ketika terjadi cuaca buruk seperti angin kencang. Lalu kami juga berikan alat-alat rumah tangga," sambungnya.

Bupati mengimbau agar seluruh masyarakat selalu waspada ditengah musim penghujan, dimana sering terjadi cuaca buruk yang sewaktu-waktu bis terjadi.

"Peran serta masyarakat sangat penting mengingat mereka sendiri yang paling terdampak jika terjadi sesuatu, harus saling gotong royong," tandasnya.

Dadan Kurniawan, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso yang terlibat langsung dalam penangan bencana tersebut mendata ada 11 rumah yang mengalami kerusakan sedang akibat peristiwa tersebut.

" Dampak lainnya adalah puluhan pohon tumbang yang juga sempat memutuskan aliran listrik," ucapnya.

Kami berterima kasih kepada seluruh lapisan yang telah saling membantu dan tanggap ketika bencana dan peristiwa seperti ini terjadi. Terlebih pihaknya juga apresiasi kepada warga yang sigap mengabarkan bahwa ada bencana sehingga sesegera mungkin bisa tertangani.

"Warga dan TNI Polri itu sangat baik dalam mengatasi kejadian tersebut dan sangat membantu," tuturnya.

Dadan berharap warga tetap berhati-hati karena di Bondowoso beberapa hari terakhir sering terjadi cuaca buruk dan pihaknya juga sudah sering melatih masyarakat dalam penanggulangan bencana untuk pertolongan pertama ketika terjadi bencana.