Apresiasi Para Hufaz, Pemkab Bondowoso Berikan Insentif

Bupati Bondowoso didampingi Plt Kabag Kesra saat serahkan insentif Hufaz/RMOLJatim
Bupati Bondowoso didampingi Plt Kabag Kesra saat serahkan insentif Hufaz/RMOLJatim

Dalam memotivasi dan meningkatkan minat mendalami ilmu-ilmu Al-Qur'an, Pemkab Bondowoso memberikan insentif kepada 216 Hufaz, Kamis (30/12).


Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin mengatakan bahwa langkah tersebut sebagai apresiasi agar generasi penerus di Bondowoso semakin cinta terhadap Al-Qur'an.

"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan hufaz serta menunmbuhkan minat masyarakat dalam mempelajari Al-Quran," harapnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati yang juga Pengasuh PP. Mambaul Ulum Tangsil Wetan tersebut sangat bangga karena setiap tahun jumlah hufaz terus bertambah. Oleh sebab itu, sebagai wujud penghargaan pemerintah, Bupati Salwa akan berupaya memberikan insentif dalam masa kepemerintahannya. 

"Pemerintah akan berupaya agar setiap tahun amggaran dapat mengalokasikan bantuan ini. Tidak tertutup kemungkinan untuk ditambah jumlahnya," sambungnya.

Ditambahkannya, mengingatkan kepada hufaz agar tak hanya sekedar menghafal, melainkan harus dipahami serta diamalkan dalam kehidupan sebagai bekal menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks. 

"Juga harus diamalkan agar menjadi filter dalam menghadapi kondisi zaman seperti saat ini," sarannya.

Sementara itu, Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Abdul Mufid, menyebut seluruh hufaz penerima insentif sudah dinyatakan lulus tahapan tes. Dari empat kategori insentif, yakni kategori 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, hanya kategori 10 juz yang kuotanya tak terpenuhi. Dari 100 orang kuota, hanya 69 orang yang lulus seleksi. 

"Dari kuota 100 yang terserap hanya 69 orang. Karena yang mendaftar di 10 juz ini ternyata setelah diuji hafalannya tidak sampai," ungkapnya.

Sementara untuk nominal insentif Rp. 750 ribu untuk kategori hafalan 5 juz, Rp. 1 juta rupiah untuk kategiri 10 juz, Rp. 1.5 juta rupiah kategori 20 juz dan Rp. 1.750 untuk kategori 3p juz.