Silahturahmi ke Pesantren dan Ziarah ke Makam Pendiri NU, Ridwan Kamil Minta Generasi Muda Tidak Lupakan Sejarah

Ridwan Kamil dan KH Abdul Hakim Mahfud Pengasuh Ponpes Tebuireng/RMOLJatim
Ridwan Kamil dan KH Abdul Hakim Mahfud Pengasuh Ponpes Tebuireng/RMOLJatim

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng dan Bahrul Ulum, Jombang Jawa Timur, Jum'at (21/1).


Didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Ridwan Kamil juga berziarah ke Makam KH Hasyim As'ary dan KH Wahab Hasbulloh untuk melakukan napak tilas sejarah asal-usul Nahdlatul Ulama (NU).

"Kakek saya juga pengurus dan panglima Hizbullah dulu pada zamannya. Jadi menyambungkan tali sejarah itu penting," kata Kang Emil, dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai berziarah ke makam KH Hasyim As'ary di Tebuireng.

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat ini meminta agar generasi muda tidak melupakan sejarah, termasuk asal usul sejarah NU. 

"Kehadiran saya juga untuk mendukung itu. NU di Republik ini harus diketahui oleh generasi-generasi muda, yakni jangan sampai dihilangkan dari narasi-narasi pendidikan formal," pintanya.

Dia  juga berharap kunjungannya ini semakin menguatkan hubungan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur, serta kekuatan NU yang harus terus menjadi obor dalam menjaga NKRI, termasuk juga mendukung program-program UMKM.

"Ada dua perjanjian antara Pemprov Jabar dan Pemprov Jatim, terkait perdagangan dan UMKM," tandasnya.