Pegawai Lapas Klas II B Jombang Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi Booster di Lapas Klas II B Jombang
Vaksinasi Booster di Lapas Klas II B Jombang

Puluhan pegawai Lapas Kelas IIB Jombang Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur menjalani vaksinasi tahap ketiga atau booster. Selain pegawai Lapas, warga binaan juga mendapatkan suntikan vaksinasi.


"Vaksinasi ini bekerjasama dengan dinas kesehatan melalui BLUD Puskesmas Jelakombo, Jombang,"  kata Kepala Lapas Jombang, Mahendra Sulaksana, Senin (24/01).

Ia menjelaskan bahwa vaksinasi terhadap warga binaan ini total ada 170 dosis vaksin COVID-19 jenis astrazeneca yang disiapkan oleh pihak kesehatan. Mereka yang disuntik vaksin ini sebelumnya mengalami penundaan dikarenakan alasan kesehatan juga administrasi.

"Warga binaan yang di vaksin dosis 1 dan 2 sebanyak 121 orang. Untuk petugas yang mengikuti vaksinasi booster hari ini kurang lebih 78 orang dari total 86. Sisanya 8 orang belum menenuhi syarat," bebernya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa warga binaan di Lapas Jombang 90 persen sudah tervaksin tahap 1 dan 2. Sedangkan yang 10 persen itu warga binaan yang keluar maupun masuk, karena setiap hari ada yang bebas.

Vaksinasi booster merupakan salah salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan imunitas dan menurunkan tingkat keterpaparan virus varian baru sekaligus mendukung upaya pemerintah pada pencegahan COVID-19.

Kalapas Klas II B Jombang ini juga berharap pemberian vaksin COVID-19 bisa membentuk kekebalan kelompok, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh kepada warga binaan dan petugas lapas setempat.

"Alhamdulillah sampai hari ini petugas maupun warga binaan belum ada yang terkena COVID-19, dan mudah-mudahan tidak ada yang terpapar," pungkasnya.