Firli Bahuri Jadi Kandidat Alternatif Pemimpin Masa Depan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/RMOL
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/RMOL

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sosok yang mempunyai integritas kuat dan cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.


Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto mengatakan, selain mempunyai integritas kuat, Firli juga memiliki kompetensi yang mumpuni.

"Firli akan memberikan alternatif yang logis kepada masyarakat sebagai tokoh yang dikenal konsisten dalam pemberantasan korupsi, sehingga masyarakat mendapatkan opsi lebih banyak terhadap para calon pemimpin bangsa yang terbaik," ujar Satyo dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (22/2).

Dari sisi popularitas, kata Satyo, Ketua KPK ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan diyakini akan menjadi penentu persepsi pemilih dari kategori pemilih pemula dan floating voters.

"Namun terkait elektabilitasnya perlu parameter yang akan dapat dijadikan rujukan, seberapa besar minat masyarakat yang akan memilihnya sebagai salah satu kandidat cawapres mendatang," kata Satyo.

Minat masyarakat bisa diketahui dari suguhan lembaga survei kepada masyarakat dalam melakukan survei capres dan cawapres. Misalnya, kata Satyo, Firli bisa disandingkan dengan Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan.

"Tapi saya punya keyakinan jika pasangan Ganjar-Firli adalah yang paling pas dari sisi kompetensi dan integritas popularitas keduanya cukup top, dan hal itu akan berbanding lurus dengan kekuatan elektabilitasnya," pungkas Satyo.