Anggota Komisi IV dan KKP Gelorakan Gemarikan di Jombang

Anggota Komisi IV DPR RI Ema Ummiyatul Chusna/RmolJatim
Anggota Komisi IV DPR RI Ema Ummiyatul Chusna/RmolJatim

Ditjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diwakili oleh Catur Sarwanto, bersama anggota Komisi IV dari Fraksi PPP Ema Ummiyatul Chusna melakukan kampanye peningkatan konsumsi ikan dan membagikan 1000 paket gemarikan kepada masyarakat secara simbolis.


Kampanye Gemarikan di Pendopo Kecamatan Ploso ini juga dihadiri Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab bersama jajaran OPD terkait. Kegiatan ini merupakan kampanye meningkatkan konsumsi ikan yang bertujuan menaikkan kesehatan dan gizi masyarakat dalam rangka mendukung program prioritas penanganan stunting.

“Melalui kerjasama KKP dan Komisi IV DPR RI yang sudah berjalan 3 tahun ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan bagi pertumbuhan dan kecerdasan," kata Catur Sarwanto, Direktur Investasi dan Usaha PDSPKP, Senin (14/3).

Menurutnya, perluasan Gemarikan menjadi kegiatan strategis dalam upaya memasyarakatkan gemar makan ikan. Dalam hal ini ikan mengandung sangat banyak nilai gizi dan memiliki kandungan omega 3, tentunya bagus untuk dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui, dan untuk seribu hari kehidupan pertama untuk masyarakat.

“Kampanye Gemarikan ini terintegrasi mulai dari level pusat hingga daerah. Harapannya, sebagai pemicu pengenalan ikan kepada masyarakat, dengan olahan kekinian yang bisa menjadi daya tarik bagi anak-anak dan  masyarakat agar lebih banyak mengkonsumsi ikan," imbuhnya dikutip Kantor Berita Politik RMOLJatim.

Catur Sarwanto menambahkan, dalam kegiatan Gemarikan ini juga mengajak serta pelaku usaha UMKM yang mempunyai pengolahan ikan. Sebagai langkah bersama mengenalkan produk olahan ikan dari UMKM setempat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas program dari KKP yang menggelontorkan bantuan olahan ikan. Terlebih, atas kerja sama dari UMKM yang ada di Kabupaten Jombang.

“Terima kasih KKP dan Komisi IV DPR RI yang telah mengawal programnya di Kabupaten Jombang. Kedepan, seluruh Kecamatan bisa disinggahi program yang sama," ujarnya.

Ia mengungkapkan, Gemarikan merupakan stimulus sekaligus gerakan edukasi tentang konsumsi ikan agar masyarakat mengenal ragam olahan ikan sekaligus bangga dan senang dalam mengonsumsi ikan.

“Gerakan ini adalah stimulus agar masyarakat suka dan bangga makan ikan. Bahwa makan ikan itu banyak bentuknya, banyak olahannya, bukan hanya digoreng saja," ujarnya.

Sementara, Anggota DPR RI Komisi IV, Ema Ummiyatul Chusna mengatakan, pihaknya akan terus mendorong sinergi program dari pusat hingga ke daerah. Tentunya, yang selaras dengan Komisi IV yang menangani bidang pertanian, perikanan juga kelautan.

“Seperti program Budikdamber (budidaya ikan dalam ember) yang saat ini sudah ada di Jombang, meski hanya dua kelompok. Ini harus ditingkatkan program itu. Kita akan bersuara agar bisa menambah program Budikdamper melalui KKP," bebernya.

Ia berharap melalui Budikdamber bisa terus dikembangkan untuk penurunan angka stunting. Sinergi dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus terus digerakkan mensupport gerakan warga mengelola Budikdamber sebagai upaya penurunan angka stunting melalui gemar makan ikan.

Selain itu, politisi PPP ini juga mendorong supaya UMKM pengolahan ikan di daerah ini bisa mengkases permodalan dari kementrian KKP dan Bank Jombang. Maka, dalam sosialisasi selanjutnya Bank Jombang juga harus dilibatkan agar UMKM bisa semakin berkembang.

“Kami minta UMKM pengolahan ikan bisa mendapat perhatian dan modal usaha dari KKP dan Bank Jombang. Ini bentuk sinergi yang nyata dalam membangun ekonomi bersama dan menekan stunting di daerah," pungkasnya.