Pemerintah Beri Akses bagi Pelaku Usaha Milenial Melalui KUR Goes to Campus

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net

Pemerintah secara rutin menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi pemanfaatakn Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk bagi kalangan civitas akademika melalui KUR Goes to Campus.


“Tujuan sosialisasi KUR Goes to Campus sebagai wujud kepedulian pemerintah memberikan akses pembiayaan murah bagi pelaku usaha,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4).

Melalui sosialisasi ini, para peserta dari kalangan petani milenial dan civitas pusat pendidikan pertanian diarahkan untuk menjadi petani mandiri, maju, dan modern, sesuai visi pemerintah, yakni terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong di sektor pertanian.

“Momentum pertumbuhan sektor pertanian ini harus bisa kita pertahankan. Salah satu harapannya adalah dari generasi muda, supaya sektor pertanian kita bisa mandiri, ketahanan pangan kita bisa terjaga,” lanjut Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir.

Dalam optimalisasi penyaluran KUR khususnya kepada sektor pertanian, peran serta lembaga penyalur sangat dibutuhkan sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menjangkau pelaku usaha pertanian di berbagai daerah.

Senior Vice President Micro Development & Agent Banking Group Bank Mandiri, Ashraf Farahnaz mengungkapkan, sektor pertanian selalu menjadi fokus Bank Mandiri melakukan inovasi.

"Mendorong kolaborasi dan memastikan capability yang saat ini dimiliki dapat dimanfaatkan optimal untuk terus memberikan support tidak hanya dari sisi pembiayaan, tapi juga akses ke pasar dan pendampingan dalam proses budidaya," papar Ashraf seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.